Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan Modem Exynos 5300, Janjikan Kecepatan Download hingga 10 Gbps

Kompas.com - 28/03/2023, 12:31 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan chip modem 5G terbarunya, Exynos 5300. Modem ini menjanjikan kecepatan unduh hingga 10 Gbps.

Adapun kecepatan unggah atau upload-nya diklaim bisa mencapai 3,87 Gbps.

Chip modem yang menjadi penerus Exynos 5123 ini sebenarnya sudah digunakan oleh lini smartphone Google Pixel 7, namun, saat itu Samsung belum mengumbar deretan fitur dan peningkatan yang dimiliki Exynos 5300.

Adapun salah satu peningkatan yang dimiliki Exynos 5300 adalah dukungan standar 5G NR Release 16 yang ditetapkan oleh badan standarisasi internasional 3GPP (3rd Generation Partnership Project).

Standar ini diklaim memungkinkan modem 5G memiliki kecepatan download hampir dua kali lipat lebih baik dibandingkan pendahulunya, yakni modem Exynos 5123 yang memiliki kecepatan download maksimal 5,1 Gbps.

Baca juga: Menggenggam Samsung Galaxy A34 5G, HP Mid-range Berwajah Flagship

Modem 5G ini sudah mendukung jaringan 5G mmWave dan sub-6Ghz, baik dalam mode standalone (SA) dan non-standalone (NSA).

Jaringan standalone menggunakan infrastruktur yang dirancang untuk menggunakan konektivitas 5G saja, sedangkan jaringan non-standalone memiliki infrastruktur 4G yang juga mengakomodasi 5G.

Sementara untuk jaringan 4G, chip modem Exynos 5300 ini diklaim dapat mencapai kecepatan download hingga 3 Gbps dan kecepatan upload hingga 422 Mbps.

Selain lebih kencang, chip modem Exynos 5300 juga diklaim lebih hemat daya. 

Exynos 5300 dibuat menggunakan proses fabrikasi 4nm dengan teknik Extreme Ultraviolet (EUV). Sebagai perbandingan, Exynos 5123 digarap melalui tahapan yang sama tetapi dengan fabrikasi 7nm.

Baca juga: Qualcomm Rilis Modem Snapdragon X75 5G, Siap Dukung 5G-Advanced

Fitur Exynos 5300 yang lainnya mencakup dukungan teknologi FR1, FR2, EN-DC untuk urusan internet, serta kehadiran interface PCIe yang membuat modem mudah terhubung dengan beragam chipset sambil menawarkan latensi rendah dan kecepatan transfer data yang 'ngebut'.

Selain jajaran Google Pixel 7, belum diketahui ponsel apa saja yang nantinya akan menggunakan modem Exynos 5300.

Namun, rumor yang beredar mengeklaim bahwa chip modem 5G tersebut akan hadir di jajaran Google Pixel 8 yang konon diotaki chipset Google Tensor 3, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Selasa (28/3/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com