Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mendapatkan eSIM XL dan Harganya, Bisa Dibeli Secara Online

Kompas.com - 29/03/2023, 03:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- Operator seluler XL resmi meluncurkan eSIM (embedded SIM). Sebagai informasi, eSIM merupakan chip SIM (Subscriber Identity Module) yang terpasang pada motherboard ponsel secara permanen.

eSIM tidak membutuhkan kartu SIM fisik untuk bisa menghubungkan layanan operator seluler di ponsel. Layanan operator seluler seperti nomor telepon bakal langsung teraktivasi di eSIM tanpa melalui perantara kartu SIM fisik.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Roaming XL buat Akses Internet saat Bepergian ke Luar Negeri

Dengan pengoperasian seperti ini, eSIM memiliki sejumlah kelebihan dibanding SIM konvensional. Dikutip dari laman resmi XL, eSIM XL sendiri diklaim memiliki kelebihan seperti mempercepat proses pembelian nomor XL.

Pengguna tak perlu mengunjungi toko fisik untuk mendapatkannya. Kelebihan eSIM XL lainnya adalah pengguna iPhone yang didukung eSIM jadi bisa menggunakan dua nomor sekaligus, yakni satu SIM fisik dan satu eSIM.

Selain itu, pengguna eSIM XL juga dikatakan bakal mendapat bonus kuota yang lebih besar dan masa aktif yang lebih panjang. Lantas, bagaimana cara mendapatkan eSIM XL? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan cara mendapatkan eSIM XL di bawah ini.

Cara mendapatkan eSIM XL

Pengguna baru

Untuk pengguna baru atau yang belum memiliki nomor XL, eSIM XL bisa dibeli secara online (saat ini hanya berlaku untuk nomor XL prabayar) dengan harga mulai Rp 30.000 hingga Rp 60.000.

Harga eSIM XL tersebut untuk saat ini sudah termasuk dengan kuota internet. Adapun rincian harga eSIM XL yang tersedia sekarang adalah sebagai berikut:

  • eSIM XL dengan kuota Xtra Combo Flex M 74 GB: Rp 30.000
  • eSIM XL dengan kuota Xtra Combo Flex L 114 GB: Rp 40.000
  • eSIM XL dengan kuota Xtra Combo Flex XL 166 GB: Rp 60.000

Untuk mendapatkannya, cara beli eSIM XL bisa dilakukan melalui website ini store.xl.co.id. dengan langkah-langkah seperti yang tertera di bawah ini:

  • Kunjungi laman ini https://store.xl.co.id/ dan pilih menu “Pesan Kartu Perdana”.
  • Selanjutnya, pilih tipe nomor perdana “eSIM”.
  • Pilih jenis eSIM XL dengan penawaran kuota internet yang sesuai kebutuhan. Lalu, klik opsi “Lanjutkan”.
  • Pilih nomor eSIM XL yang ingin dibeli dan klik opsi “Lanjutkan” lagi.
  • Isi data diri seperti nama lengkap dan alamat e-mail.
  • Selesaikan pembelian eSIM XL dengan membayar melalui virtual account BCA.
  • Nomor eSIM XL bakal dikirim ke alamat e-mail setelah pembayaran berhasil.

Pengguna lama

Itulah cara beli eSIM XL untuk pengguna baru. Sementara itu, untuk pengguna lama atau yang sudah memakai nomor XL, dapat mengganti kartu fisiknya ke eSIM XL dengan mengunjungi langsung di beberapa XL Center.

Layanan penggantian kartu SIM fisik ke eSIM XL di beberapa XL Center berlaku untuk nomor prabayar dan pascabayar. Untuk diketahui, tidak semua XL Center menyediakan layanan ini. XL Center yang menyediakan layanan ini bisa dicek di tautan berikut.

Demikianlah penjelasan seputar cara mendapatkan eSIM XL, baik untuk pengguna baru maupun pengguna lama. Sebagai informasi tambahan, sebelum menggunakan eSIM XL, pastikan bahwa perangkat atau ponsel yang dipakai telah mendukung.

Baca juga: NIK yang Teregistrasi di Kartu XL Bukan Milik Pribadi? Begini Cara Menghapusnya

Daftar perangkat yang mendukung teknologi eSIM bisa dilihat melalui tautan ini. Selain dukungan eSIM, pastikan pula IMEI pada eSIM perangkat telah terdaftar di database pemerintah dengan memeriksanya pada webiste ini https://imei.kemenperin.go.id/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com