Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Fitur Samsung Galaxy A54 5G yang Sebelumnya Cuma Ada di HP Flagship

Kompas.com - 31/03/2023, 17:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung telah merilis smartphone kelas menengah terbarunya dari keluarga A-series, yakni Galaxy A54 beberapa waktu lalu di Indonesia.

Ponsel ini memiliki desain yang mirip dengan smartphone kelas atas (flagship) Samsung, yakni Galaxy S23 dan S23 Plus.

Sebab, desain punggung dari Galaxy A54 tidak lagi memiliki modul kamera. Ketiga kameranya seolah dibenamkan langsung ke cangkang, membuat perangkat memiliki gaya desain yang sama dengan Galaxy S23 series.

Selain kesamaan desain, Galaxy A54 ternyata juga datang dengan fitur khas flagship lainnya, yakni motor X-axis linear. Hardware (perangkat keras) tersebut umumnya hanya ada untuk perangkat kelas atas saja.

Baca juga: Fitur Kamera dan Edit Foto di Samsung Galaxy A54 5G

Teknologi ini pertama kali diadopsi Samsung untuk lini flagship Galaxy S22 series. Sementara di lini Galaxy A-series, tampaknya Samsung A54 5G menjadi model pertama yang dibekali fitut motor X-axis linear.

Sebagai gambaran, motor X-axis linear merupakan hardware yang mampu menghasilkan intensitas dan durasi getaran yang lebih baik dari sebelumnya.

Dilansir KompasTekno dari Sam Mobile, Jumat (31/3/3023), motor X-axis linear dapat memberikan ilusi, seolah-olah ada tombol fisik di layar perangkat. Pengguna bisa merasakan sensasi getaran layaknya memencet tombol fisik di layar perangkat.

Jadi, saat pengguna menggulir, mengetuk, ataupun menyentuh salah satu elemen antarmuka (User Interface/UI) di Galaxy A54, perangkat bakal memberikan efek getaran sebagai timbal balik, atau biasa disebut haptic feedback (umpan balik haptic).

Kehadiran fitur tersebut secara tidak langsung ingin membuat pengguna terus merasa terhubung ketika menyentuh layar Galaxy A54. Haptic feedback akan terus muncul selama pengguna menggunakan layar ponsel, misalnya saja saat mengetuk keyboard.

Baca juga: Ini Dia 6 Fitur Unggulan di Samsung Galaxy A54, Ada Warisan dari HP Flagship

Motor X-axis linear pada Galaxy A54 juga disebut dapat membantu pengguna lanjut usia dan pengguna berkebutuhan khusus dengan memanfaatkan software pengingat getaran dan aplikasi serupa lainnya, sebagaimana dirangkum dari Tech Going.

Meskipun sama-sama dibekali fitur motor X-axis linear, namun belum diketahui apakah ada perbedaan implementasi antara di seri Galaxy S dan Galaxy A.

Apabila penasaran dengan spesifikasi lengkap dan harga Samsung A54 5G, bisa menyimak tautan berikut ini. Hands-on Galaxy A54 5G juga bisa ditonton di tautan "VIDEO: Hands-on Samsung Galaxy A54 5G yang Mirip S23".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SamMobile
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com