Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pameran Game di Dunia Alternatif E3, Layak Dinanti

Kompas.com - 03/04/2023, 19:11 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pameran game dan elektronik, Electronic Entertainment Expo (E3) telah dibatalkan. Ini menjadi keempat kalinya penyelenggaraan E3 secara luring (offline) dibatalkan, sejak tahun 2020.

Musababnya, sejumlah perusahaan gaming kenamaan seperti Microsoft, Sony, Nintendo, dan Ubisoft enggan berpartisipasi dalam pameran game di E3. Ada pula perusahaan yang memilih untuk membuat pamerannya sendiri.

Pada akhirnya, pembatalan bertubi-tubi ini mendorong penyelenggara E3 untuk mengurungkan niatnya dalam melanjutkan pelaksanaan pameran.

Baca juga: Pameran Game Terbesar Dunia E3 Batal Digelar

Meskipun E3 dibatalkan, musim panas yang identik dengan pengumuman game baru ini masih diramaikan oleh pameran lainnya. Berikut deretan pameran game yang 'menggantikan' E3, sebagaimana dicatat KompasTekno dari The Verge, Senin (3/4/2023).

Summer Game Fest

Gamers mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Geoff Keighley. Sebab, Keighley merupakan sosok di balik pameran game Summer Game Fest dan ajang penghargaan The Game Awards yang dilangsungkan setiap tahun.

Summer Game Fest yang hadir sebagai 'pengganti' E3 sejak 2020 umumnya menjadi wadah bagi developer game yang tidak menggelar pamerannya sendiri untuk menunjukkan karya terbarunya.

Nah, jurnalis game itu memastikan bahwa Summer Game Fest akan digelar tanggal 8 Juni di Los Angeles, tepatnya pukul 15:00 ET atau 12:00 PT. Acara yang juga disiarkan langsung di berbagai situs streaming seperti YouTube dapat disaksikan oleh gamers di Indonesia pada 9 Juni, pukul 02:00 WIB pagi.

Melihat jejak sejarahnya, Summer Game Fest digunakan untuk memamerkan sejumlah game populer, seperti cuplikan gameplay perdana untuk Elden Ring pada 2021 dan 'debut' untuk The Last of Us versi multiplayer pada 2022.

Baca juga: Pameran Game Tahunan di AS Ditunda akibat Virus Corona

Untuk edisi 2023, Summer Game Fest belum memberi sinyal terkait apa saja game yang akan muncul, kecuali Cyberpunk 2077: Phantom Liberty. Yang pasti, pihak penyelenggara tersebut menyebut bahwa acaranya akan menjadi Summer Game Fest yang terbesar dalam sejarahnya.

Xbox Games Showcase dan Starfield Direct

Microsoft akan menggelar Xbox Games Showcase dan Starfield Direct pada 11 Juni mendatang di Los Angeles. Seperti namanya, Xbox Games Showcase akan memamerkan trailer dari game-game yang akan hadir di konsol Xbox. Kebanyakan game ini biasanya juga akan tersedia di komputer (PC) lewat layanan berlangganan PC Game Pass.

Setelah pameran tersebut berakhir, gamers akan diajak untuk mengenal lebih dekat permainan role-playing game (RPG) besutan Bethesda lewat Starfield Direct.

Xbox belum merincikan detail lainnya seputar kedua pameran itu, seperti platform untuk menyaksikan dan jadwal acara.

Baca juga: Harga Xbox Series X dan Xbox Series S di Indonesia per Maret 2023

Jika mengacu pada pameran Xbox pada tahun-tahun sebelumnya, seharusnya gelaran ini dapat disaksikan lewat situs YouTube atau Twitch. Karena disiarkan di Amerika Serikat, acara ini mulai dapat ditonton di Indonesia pada malam hari atau mungkin subuh esok harinya.

Sedikit kilas balik, Xbox Games Showcase 2022 diwarnai sejumlah pengumuman yang menarik. Misalnya, Bethesda menunjukkan gameplay Starfield yang berdurasi 15 menit. Kemudian, Activision Blizzard mengumumkan bahwa Overwatch 2 dapat dimainkan secara gratis.

Pameran tersebut dimeriahkan pula oleh game indie Hollow Knight: Silksong yang dikonfirmasi akan meluncur Juni 2023 setelah bertahun-tahun tak berkabar.

Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com