Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Android iQoo Z7 dan iQoo Z7x Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 04/04/2023, 09:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iQoo resmi memboyong dua ponsel kelas menengah terbarunya ke Indonesia dari keluarga iQoo Z7 Series, yaitu iQoo Z7 5G dan iQoo Z7x 5G.

Kedua ponsel ini memiliki desain yang serupa. Pada bagian layar, misalnya, mereka sama-sama mengusung panel IPS LCD dengan ukuran 6,64 inci, resolusi Full HD Plus, dan refresh rate 120 Hz. 

Lalu pada tampilan kamera, iQoo Z7 dan Z7x juga kompak dibekali dengan satu kamera depan yang dimuat dalam lubang punch hole di bagian tengah atas layar, serta dua kamera belakang yang ditampung dalam modul persegi. 

Meski tampilannya serupa, kedua ponsel ini dibekali dengan berbagai fitur yang berbeda. Apa saja?

Baca juga: iQoo Z7 dan iQoo Z7x Meluncur dengan Baterai 6.000 mAh

Spesifikasi iQoo Z7 di Indonesia

iQoo Z7 diklaim merupakan ponsel pertama di Indonesia yang ditenagai dengan chipset Snapdragon 782G (2.7 GHz). Chipset ini diklaim memiliki peningkatan prosesor (CPU) 10 persen dan pengolah grafis (GPU) 13 persen dari pendahulunya (Snapdragon 778G).

Komponen chipset ini dipadukan dengan konfigurasi RAM 8 GB/12 GB serta media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB. 

Selain chipset, iQoo Z7 juga memiliki fitur unggulan di aspek daya, di mana baterai berkapasitas 5.000 mAh di ponsel ini mendukung teknologi pengisian cepat 120 Watt Dual-Cell Flash Charge.

Dengan teknologi ini, iQoo mengeklaim baterai ponsel bisa diisi dengan aman, alias tanpa adanya panas berlebih, hingga 50 persen dalam waktu 9 menit saja. 

Fitur pendukung lainnya di ponsel ini mencakup RAM Extended 3.0 untuk meningkatkan performa ponsel, 3K VC Cooling System untuk mendinginkan suhu ponsel ketika bermain game, dan NFC.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga iQoo 11 5G Versi Indonesia

Ada pula fitur X Axis Linear Motor, 4D Game Vibration, dan Motion Control untuk sensasi getaran (vibration) "nyata" ketika bermain game, serta Dual Stereo Speaker yang dibekali dengan Sound Field Expansion Algorithm untuk kualitas suara mumpuni. 

Untuk sektor fotografi, iQoo Z7 dibekali dengan kamera selfie 16 MP (f/2.45) dan dua kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 64 MP (f/1.79, OIS) dan 2 MP (f/2.4). 

Spesifikasi iQoo Z7x di Indonesia

iQoo Z7x.iQoo Indonesia iQoo Z7x.
Berbeda dengan iQoo Z7, iQoo Z7x dipersenjatai dengan chipset yang berada satu level di bawah Snapdragon 782G, yaitu Snapdragon 695 5G.

Chipset ini kemudian dipadukan dengan RAM 8 GB dan storage 128 GB/256 GB.

Meski demikian, ponsel ini ditopang dengan kapasitas baterai yang sedikit lebih besar, yaitu 6.000 mAh. Baterai ini mendukung teknologi 80-Watt Flash Charge yang diklaim bisa mengisi daya ponsel sebanyak 50 persen dalam waktu sekitar 25 menit.

Fitur pendukung yang ada di iQoo Z7x meliputi 8 GB+8 GB Extended RAM untuk meningkatkan performa ponsel, 5-Layer Liquid Cooling System untuk mendinginkan temperatur perangkat, NFC, dan masih banyak lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com