Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Trotoar di New York, Panggilan Telepon Pertama lewat HP Dilakukan 50 Tahun Lalu

Kompas.com - 05/04/2023, 10:02 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanggal 3 April 1973 merupakan hari penting dalam sejarah karena untuk kali pertama aktivitas panggilan suara dilakukan menggunakan telepon genggam.

Artinya, 3 April 2023 menjadi hari “jadi” dari telepon genggam yang sudah genap berumur 50 tahun.

Sedikit kilas balik, kala itu penemu telepon genggam, Martin Cooper, tengah berdiri di trotoar, samping jalan Sixth Avenue, Manhattan, New York. Ia memegang sebuah telepon genggam yang memiliki bodi besar dan lebar, layaknya batu bata.

Lalu, ia melakukan panggilan publik untuk kali pertama ke seorang pria yang menjadi kompetitornya saat itu karena sama-sama bersaing menciptakan telepon genggam. Ini adalah transkrip pembicaraan panggilan HP pertama yang dilakukan:

Baca juga: Mengenal Martin Cooper, Sang Penemu Telepon Genggam

“Saya menelepon Anda lewat ponsel, ponsel asli, ponsel pribadi, genggam, dan portabel (tidak menggunakan kabel),” ujar Cooper yang saat itu bekerja sebagai engineer Motorola kepada Kepala Bell Labs, Joel Engel.

Penemu telepon genggam, Martin CooperThe New York Times Penemu telepon genggam, Martin Cooper

Sejak kemunculan telepon genggam 50 tahun lalu, perangkat bikinan Cooper berevolusi dan memiliki dampak yang begitu besar bagi dunia teknologi. Kehadiran telepon genggam bahkan mampu membentuk sebuah budaya dan gaya hidup baru di kalangan masyarakat.

Jika ponsel pertama dulu bentuknya masih sangat besar dan punya bobot yang begitu berat, kini telepon genggam yang sudah berganti nama menjadi smartphone (ponsel pintar) memiliki bodi yang jauh lebih mungil dan tipis.

Menanggapi hal tersebut, Cooper sempat mengatakan bahwa kemungkinan besar ponsel akan menjadi perangkat yang dianggap penting oleh seluruh umat manusia. Pernyataan tersebut pun tampaknya sejalan dengan realita yang ada sekarang ini.

“Saya tidak terkejut bahwa setiap orang memiliki ponsel. Kami biasanya menceritakan kisah bahwa suatu saat, ketika Anda baru lahir, Anda akan diberi nomor ponsel. Jika tidak mengangkat panggilan di ponsel, Anda akan mati,” ujar Cooper kepada CNN Business, seperti dikutip KompasTekno, Rabu (5/4/2023).

Titik balik ponsel genggam

Ilustrasi smartphone Android.Gizchina Ilustrasi smartphone Android.

Beberapa bulan sebelum Cooper berhasil melakukan panggilan di telepon genggam, Motorola tengah bersaing dengan AT&T, operator seluler di AS, untuk menciptakan ponsel.

“Mereka adalah perusahaan terbesar di dunia dan kami (Motorola) adalah perusahaan kecil yang berbasis di Chicago. Mereka berpikir bahwa kami tidak begitu penting,” papar Cooper.

Cooper kembali menambahkan bahwa saat dirinya menelepon Engel, respons yang diberikan bahkan tidak begitu semangat. Cooper meyakini panggilan yang dilakukan mungkin sudah dilupakan oleh Engel.

Baca juga: Nostalgia, Begini Pose Selfie Andalan Generasi 90-an dengan HP Jadul

“Anda tahu bahwa saya tidak akan ragu untuk mengingatkan ia kembali ke masa itu. Namun, ia sangat sopan kepada saya. Hari ini, Joel mungkin tidak mengingat panggilan dari telepon genggam itu dan saya tidak akan menyalahkan dia,” ujar Cooper.

Kendati begitu, setelah berhasil melakukan panggilan suara, Motorola justru menghadapi sejumlah kendala dan tantangan. Misalnya, masalah produksi dan regulasi pemerintah yang memperlambat peluncuran telepon genggam ke publik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com