Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di iPhone dengan Mudah

Kompas.com - 05/04/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - iPhone dibekali dengan fitur menyembunyikan aplikasi. Saat disembunyikan, aplikasi sejatinya tidak benar-benar hilang dari iPhone. Aplikasi yang disembunyikan hanya tidak muncul di layar utama atau layar Home, tetapi masih ada di halaman tertentu.

Fitur menyembunyikan aplikasi di iPhone bisa menjadi masalah ketika pengguna tidak sengaja mengaktifkannya dan tidak mengetahui apabila aplikasi tersebut masih tersedia di halaman tertentu.

Baca juga: Cara Bikin Stiker WhatsApp Otomatis di iPhone, Cuma Perlu “Copy-Paste” Gambar

Pengguna mungkin bisa menjadi bingung saat hendak mencari aplikasi tertentu yang telah lenyap dari layar Home lantaran tidak sengaja disembunyikan. Lantas, bagaimana cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone?

Bila mengalami masalah serupa seperti merasa telah memiliki aplikasi tetapi tidak muncul di layar Home, berikut adalah penjelasan cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone.

Cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone

Penting diketahui, menyembunyikan aplikasi di iPhone mengakibatkan logo aplikasi terhapus dari layar Home, tetapi sebetulnya aplikasi itu masih tersedia di halaman App Library (Perpustakaan App).

Jadi, bila hendak melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone, pengguna bisa mengakses halaman App Library atau membuka menu pencarian aplikasi dengan cara sebagai berikut:

1. Membuka halaman App Library

  • Buka layar Home iPhone.
  • Geser terus layar Home iPhone ke kiri hingga halaman paling akhir.
  • Kemudian, geser sekali lagi hingga terbuka halaman App Library.
  • Di halaman itu, pengguna bisa mencari aplikasi yang disembunyikan.

Ilustrasi cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone dengan membuka halaman App Library.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone dengan membuka halaman App Library.

2. Mengakses menu pencarian aplikasi

  • Untuk mengakses menu pencarian aplikasi, geser bagian tengah layar Home ke bawah atau klik tombol “cari” yang berada di bagian bawah layar Home.
  • Setelah menu pencarian aplikasi terbuka, pengguna bisa memasukkan nama aplikasi yang disembunyikan pada kolom yang tersedia.
  • Terakhir, iPhone bakal menampilkan hasil pencarian atas nama aplikasi tersebut.

Ilustrasi cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone dengan mengakses menu pencarian aplikasi.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone dengan mengakses menu pencarian aplikasi.

Cukup mudah bukan cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone? Sebagai informasi tambahan, untuk memunculkan aplikasi kembali ke layar Home, pengguna bisa mengetuk lama logo aplikasi yang berada di halaman App Library.

Baca juga: Ramai di Twitter iPhone Berlabel “Made in China”, Apakah Itu Asli?

Setelah itu, klik opsi “Tambah ke Layar Utama” dan aplikasi yang disembunyikan bakal otomatis muncul lagi di layar Home. Demikianlah penjelasan seputar cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com