Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik agar Orang Lain Tak Bisa Chat WhatsApp ke Kita Tanpa Memblokirnya

Kompas.com - 06/04/2023, 03:29 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp (WA) dibekali fitur blokir kontak. Sebagaimana umum diketahui, fungsi dari blokir kontak adalah untuk membuat orang lain tidak bisa menghubungi kita lagi.

Saat kita memblokir kontak seseorang dii Whatsapp, orang tersebut tak bakal lagi bisa mengirim chat. Kita pun tidak bakal mendapatkan chat yang dikirim olehnya. Blokir kontak bisa dibilang fitur yang dapat memutus interaksi kita dengan orang lain di WA secara total.

Baca juga: Cara Bikin Stiker WhatsApp Otomatis di iPhone, Cuma Perlu “Copy-Paste” Gambar

Selain blokir, sebetulnya terdapat lagi satu cara agar orang lain tidak bisa chat WhatsApp ke kita. Cara yang satu ini memiliki efek pembatasan interaksi yang tidak seekstrem blokir kontak. Dengan cara ini, kita tak perlu repot memblokir kontak orang lain.

Namun, chat dari orang tersebut tidak akan ditampilkan di halaman daftar chat WhatsApp, begitu pula dengan notifikasinya. Sehingga, kita bisa tidak terganggu dengan chat WA dari orang itu tanpa memblokirnya.

Lantas, bagaimana cara agar orang tidak bisa chat WA ke kita tanpa diblokir? Bila penasaran untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah cara agar orang tidak bisa chat WA ke kita tanpa diblokir.

Cara agar orang tidak bisa chat WA ke kita tanpa diblokir

Untuk membuat orang tidak bisa chat WA ke kita tanpa diblokir, caranya bisa dengan mengarsipkan pesan dari orang tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman daftar chat WhatsApp.
  • Pilih salah satu chat dari seseorang yang hendak diarsipkan.
  • Klik dan tahan chat tersebut hingga muncul menu pengaturan.
  • Pada menu itu, pilih opsi “Arsipkan”.
  • Setelah diarsipkan, chat dari orang tersebut bakal tidak ditampilkan di halaman daftar chat WhatsApp.
  • Chat itu kemudian berpindah ke halaman khusus bertajuk “Diarsipkan”, yang tombol aksesnya berada di bagian paling atas halaman daftar chat WhatsApp.

Ilustrasi cara agar orang tidak bisa chat WA ke kita tanpa diblokir dengan mengarsipkan pesannya.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara agar orang tidak bisa chat WA ke kita tanpa diblokir dengan mengarsipkan pesannya.

Perlu diketahui, kita tidak akan mendapatkan notifikasi chat baru masuk di WhatsApp dari orang lain atau pengirim yang pesannya telah diarsipkan. Akan tetapi, chat baru yang dikirim orang itu tetap bisa kita terima dan dibaca.

Chat dari orang yang telah diarsipkan hanya bisa dilihat melalui halaman “Diarsipkan” seperti penjelasan di atas. Chat itu tidak bakal muncul di halaman daftar chat WhatsApp seperti chat-chat pada umumnya.

Cukup mudah bukan cara agar orang lain tidak bisa chat WA ke kita tanpa diblokir? Melalui cara ini, kita jadi dapat mengabaikan beberapa chat dari orang-orang tertentu tanpa harus memblokirnya. Demikianlah cara agar orang lain tidak bisa chat WA ke kita tanpa diblokir.

Baca juga: Viral Video WhatsApp Bikin HP Hang atau Lag gara-gara Virus Virtex, Benarkah Demikian?

Sebagai informasi tambahan, sama halnya blokir kontak, kita juga bisa membuka kembali chat yang telah diarsipkan. Caranya buka halaman “Diarsipkan”, lalu klik chat yang hendak dibuka dari arsip dan pilih opsi “Buka Arsip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com