Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Samsung Galaxy A34 Dibekali OIS, Ini Fungsinya

Kompas.com - 06/04/2023, 14:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy A34 merupakan smartphone kelas menengah (mid-range) baru yang datang dengan peningkatan di sektor fotografinya.

Perangkat tersebut dibekali tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1,8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera makro 5 MP (f/2.4)

Kamera belakang tersebut juga mendukung teknologi OIS (Optical Image Stabilization) dan VDIS (Video Digital Image Stabilization). Kedua fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi guncangan saat pengguna membidik ataupun merekam sebuah objek.

Lantas, bagaimana cara kerja dan fungsinya? Secara harafiah, OIS sendiri bergantung pada giroskop dan motor kecil yang terdapat di kamera guna menggerakkan lensa ataupun sensor kamera.

Baca juga: Ini Beda Samsung Galaxy A34 dan Galaxy A54

OIS dapat menggerakkan lensa dari kiri ke kanan atau atas ke bawah, dan sebaliknya. Jadi, fitur peredam guncangan tersebut pada umumnya memiliki empat sumbu untuk menggerakkan lensa.

Cara kerjanya adalah ketika pengguna memegang ponsel dan bergerak ke arah kanan, sistem OIS bakal mengompensasi alias mengurangi guncangan dengan menggerakkan lensa ke arah berlawanan.

Melansir dari Android Police, seperti yang dikutip KompasTekno, Kamis (6/4/2023), ketika OIS bekerja mengurangi guncangan, gerakan tersebut akan memanfaatkan giroksop di dalam kamera untuk menggeser lensa menggunakan sensor dan elektromagnet.

Jadi, hasil gambar dan video yang diambil bisa tetap stabil dan terhindar dari guncangan. Namun, perlu digarisbawahi guncangan yang dimaksud bukanlah guncangan ekstrem, seperti sengaja menggoyang ponsel dari kiri ke kanan secara cepat.

Guncangan yang dimaksud di sini adalah merekam dan memotret sambil berjalan ataupun tangan pengguna yang tremor. Artinya, walau perangkat dipakai merekam sambil berjalan, hasilnya disinyalir akan tetap stabil alias smooth.

Punya fitur Nightography

Selain dibekali OIS dan VDIS, Galaxy A34 juga dilengkapi fitur Nightography atau mode malam ala Samsung.

Baca juga: Ini Satu-satunya Ponsel di Indonesia yang Pakai OIS di Kamera Depan

Nightography jadi salah satu fitur spesial karena ini adalah pertama kalinya fitur mode malam hadir di smartphone kelas menengah bikinan Samsung. Pasalnya, fitur tersebut hanya hadir di perangkat kelas atas saja, seperti Galaxy S-series.

Fitur Nightography akan ditemukan di Galaxy A34 ketika pengguna membuka aplikasi kamera. Jika kondisi cahaya saat membidik objek dinilai minim, fitur tersebut bakal muncul dalam bentuk ikon bulan di pojok kanan bawah.

Fitur tersebut biasanya aktif secara otomatis bila kamera Galaxy A34 mendeteksi kondisi pencahayaan saat itu tampak minim, gelap, atau redup. Adanya fitur Nightography, foto di tempat redup diklaim bakal lebih tajam.

Galaxy A34 sendiri sudah bisa dibeli di Tanah Air dengan banderol harga Rp 5 juta untuk varian 8/128 GB atau Rp 5,4 juta untuk 8/256 GB. Bila penasaran dengan spesifikasi lengkap perangkat, bisa baca artikel “Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A34 5G di Indonesia”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com