Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “Shibal” yang Ramai Digunakan di Twitter dan TikTok

Kompas.com - Diperbarui 08/04/2023, 11:21 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Twitter dan TikTok berisi beragam bahasa gaul unik yang kadang jarang ditemui pemakaiannya sehari-hari. Salah satu contoh bahasa gaul unik tersebut adalah kata shibal. Belakangan ini, kata shibal ramai dipakai di Twitter dan TikTok.

Baca juga: Arti Kata Bokem, Bahasa Gaul yang Ramai Dipakai di Medsos

Di Twitter, kata ini biasa dipakai untuk mengomentari suatu hal. Sebagai contoh, penggunaan kata shibal dengan kebiasaan seperti itu bisa dilihat melalui salah satu twit dari akun base dengan handle @convomfs yang tertera di bawah ini.

Pada twit tersebut, pengirim menggunakan kata shibal untuk mengomentari gambar yang berisi informasi mengenai sebuah kasus. Kata shibal biasa dipakai juga oleh pengguna di Twitter sebagai pelengkap pernyataan yang bernada kesal.

Lain halnya di Twitter, di TikTok, kata shibal umum dipakai untuk menunjukkan potongan-potongan video drama Korea yang berisi adegan seorang artis mengucapkan istilah tersebut.

Contoh penggunaan kata shibal di TikTok dengan kebiasaan seperti itu bisa dilihat melalui salah satu unggahan dari akun dengan handle @naksuta15, sebagaimana tertera di bawah ini.

@naksuta15 "SHIBAL" iconic geng catok ???????? #theglory #kimhieora #parksunghoon #limjiyeon #CapCut ? suara asli - Naksuta

Melihat ramainya penggunaan kata ini di Twitter dan TikTok seperti yang dicontohkan di atas, lantas apa arti arti shibal? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai arti shibal yang ramai di Twitter dan TikTok.

Arti shibal yang ramai dipakai di Twitter dan TikTok

Istilah shibal termasuk dalam kosakata bahasa Korea. Sebelum marak digunakan di media sosial, kata shibal sudah sering muncul di adegan-adegan percakapan dalam berbagai drama Korea.

Dikutip dari Urban Dictionary, shibal merupakan kata umpatan atau makian yang terkesan kasar dan tidak menyenangkan. Sebagai kata umpatan, shibal artinya dalam bahasa Indonesia bisa seperti kata “sialan” atau “persetan”.

Bila merujuk pada arti yang seperti ini, tak heran apabila shibal digunakan dalam pernyataan-pernyataan yang bernada kesal atau geram.

Jika menjumpai pengguna yang menggunakan kata shibal di media sosial, itu berarti mereka sedang ingin mengumpat atau memaki sesuatu hal. Atau, mereka bisa juga ingin menunjukkan konten yang memuat kata-kata makian.

Baca juga: Arti Istilah “Bombastic Side Eye” yang Sering Digunakan di Medsos

Demikianlah penjelasan mengenai arti shibal yang ramai digunakan di Twitter dan TikTok akhir-akhir ini, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com