Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Arah Kiblat yang Akurat buat Menunjang Shalat saat Bepergian

Kompas.com - 07/04/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Dalam agama Islam, salah satu syarat menjalankan ibadah shalat adalah menghadap ke arah kiblat dengan benar. Adapun kiblat dalam shalat itu adalah Ka’bah yang berada di Masjidil Haram, Kota Mekkah, Arab Saudi.

Sebelum shalat, arah kiblat yang benar itu perlu buat diketahui. Akan tetapi, pada kondisi tertentu, terutama saat bepergian atau berada di wilayah yang jarang dikunjungi, arah kiblat yang benar untuk menjalankan ibadah shalat mungkin bakal sedikit sulit untuk dikenali.

Baca juga: 6 Aplikasi Sholawat buat Perbanyak Baca Doa Selama Ramadhan 2023

Namun, tak usah terlalu khawatir. Jika tengah bepergian dan tak tahu arah, terdapat beberapa aplikasi arah kiblat yang tersedia di handphone (HP) dan dapat digunakan untuk menunjang ibadah shalat.

Lewat aplikasi arah kiblat, pengguna bisa memperoleh informasi yang akurat mengenai arah kiblat untuk shalat ketika berada di lokasi mana pun. Jadi, pengguna tak perlu bingung lagi untuk menentukan arah kiblat shalat saat bepergian.

Lantas, apa nama aplikasi arah kiblat yang bisa dipakai? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar aplikasi arah kiblat yang akurat dan dapat dipakai buat menunjang shalat dengan optimal ketika sedang bepergian.

Daftar aplikasi arah kiblat yang akurat

1. Sajda

Ilustrasi aplikasi SajdaApp Store Ilustrasi aplikasi Sajda

Aplikasi arah kiblat yang pertama adalah Sajda. Aplikasi ini punya berbagai fitur untuk menunjang ibadah shalat, salah satunya adalah kompas penunjuk arah kiblat.

Selain fitur itu, tersedia pula fitur jadwal shalat yang dilengkapi dengan notifikasi suara adzan. Download aplikasi arah kiblat ini bisa melalui toko aplikasi App Store (untuk iPhone) atau Google Play Store (untuk HP Android).

2. NU Online Super App

Ilustrasi aplikasi NU Online Super Apps.Google Play Store Ilustrasi aplikasi NU Online Super Apps.

Kedua, terdapat aplikasi arah kiblat yang bernama NU Online Super App. Aplikasi ini dibekali dengan berbagai fitur penunjang ibadah shalat, seperti jadwal shalat, notifikasi shalat, serta tak ketinggalan kompas penunjuk arah kiblat.

Pengguna bisa download aplikasi arah kiblat ini secara gratis melalui toko aplikasi App Store (untuk iPhone) atau Google Play Store (untuk HP Android).

3. Muslim Pro

Ilustrasi aplikasi Muslim ProApp Store Ilustrasi aplikasi Muslim Pro

Ketiga, terdapat aplikasi Muslim Pro. Aplikasi ini dibekali dengan fitur kompas penunjuk arah kiblat yang akurat. Selain itu, Muslim Pro juga dibekali dengan fitur jadwal shalat serta notifikasi pengingat waktu shalat dengan suara adzan.

Untuk mendapatkan aplikasi arah kiblat yang akurat ini, pengguna dapat mengunduhnya melalui toko aplikasi App Store (untuk iPhone) atau Google Play Store (untuk HP Android).

4. Muslim Go

Ilustrasi aplikasi Muslim Go.Google Play Store Ilustrasi aplikasi Muslim Go.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com