Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengaktifkan Layar 120 Hz di Samsung Galaxy A34

Kompas.com - 07/04/2023, 16:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy A34 5G menjadi salah satu perangkat kelas menengah terbaru Samsung yang datang dengan sejumlah peningkatan. Mulai dari kebaruan desain, kamera, hingga peningkatan spesifikasi layar.

Layar dari Galaxy A34 5G mengusung panel Super AMOLED seluas 6,6 inci, menawarkan resolusi Full HD Plus (1.080x2.340 piksel), tingkat kecerahan maks 1.000 nits, dan refresh rate 120 Hz.

Refresh rate 120 Hz yang dimiliki perangkat memungkinkan pengguna memiliki pengalaman menggulir layar yang lebih baik dan mampu menampilkan sejumlah animasi dengan lebih mulus (smooth).

Baca juga: Samsung Galaxy A34 5G Punya Layar 120 Hz, Apa Fungsinya?

Bagi yang belum tahu, definisi dari refresh rate sendiri adalah spesifikasi pada komponen panel yang mengukur seberapa sering sebuah frame (gambar) pada layar diperbarui (refresh) di setiap detiknya.

Angka refresh rate umumnya terbagi dalam beberapa tingkat, misal refresh rate 60 Hz, 90 Hz, dan 120 Hz. Semakin tinggi angkanya, layar akan mampu menampilkan gambar yang lebih banyak di setiap detik.

Artinya, dengan memiliki spesifikasi komponen panel 120 Hz, Galaxy A34 mampu menampilkan gambar pada layar dengan lebih smooth. Walaupun “gambar” yang dimaksud tadi tidak dapat dilihat secara kasat mata, pengguna bisa merasakannya sendiri saat mengakses layar.

Pengalaman tersebut bisa lebih terasa ketika pengguna menggeser layar ke kanan atau kiri saat mengakses laman Menu, menggulir layar di media sosial ataupun saat browsing di internet, mengakses jendela notifikasi, ataupun bermain game sekalipun.

Layar Galaxy A34 ini menawarkan dua opsi refresh rate, yakni 60 Hz dan 120 Hz. Yang menjadi aturan bawaan (default) dari perangkat adalah refresh rate 60 Hz, tetapi pengguna tetap bisa melakukan pengaturan secara manual jika ingin beralih ke 120 Hz.

Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengaktifkan refresh rate 120 Hz di Galaxy A34

Cara mengaktifkan refresh rate 120 Hz di Galaxy A34KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan refresh rate 120 Hz di Galaxy A34

  • Pertama-tama, buka aplikasi Pengaturan (Settings)
  • Pilih Display atau Layar
  • Di bagian bawah akan muncul pilihan “Motion Smoothness” dan klik
  • Pengaturan tersebut akan menunjukkan simulasi perbandingan dari refresh rate 60 Hz dengan refresh rate 120 Hz. Aturan standard akan merujuk pada 60 Hz, sedangkan pilihan high adalah 120 Hz.
  • Pilih High, jika Anda ingin merasakan pengalaman menggulir yang lebih mulus.

Perlu diketahui bahwa perubahan pengaturan ini akan lebih banyak memakan daya ketimbang pengaturan standard. Sebab, untuk menghasilkan layar yang lebih mulus, perangkat butuh kerja lebih keras dibanding sebelumnya.

Baca juga: Fitur Samsung Galaxy A34 5G yang Bikin Suara Telepon Lebih Jernih

Kendati begitu, seharusnya hal ini tidak akan menjadi masalah karena Galaxy A34 sendiri dibekali baterai 5.000mAh.

Fitur pendukung lainnya yang juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan performa layar adalah Vision Booster.

Fitur tersebut dapat meningkatkan tingkat kecerahan sekaligus akurasi warna secara otomatis menyesuaikan lingkungan pengguna.

Bagi pengguna yang penasaran mengenai spesifikasi Galaxy A34 di Indonesia bisa menilik spesifikasi smartphone di artikel "Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A34 5G di Indonesia".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com