Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keyboard Laptop Terkena Air? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 09/04/2023, 19:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat berada di meja kerja atau belajar tentu tak hanya perangkat elektronik saja yang hadir. Tak jarang pengguna akan menyediakan segelas minuman di sampingnya. Hal ini yang terkadang menyebabkan salah satu masalah. Yakni air yang tidak sengaja tumpah pada keyboard laptop/PC Anda. 

Meskipun demikian tak perlu panik. Anda dapat melakukan beberapa langkah pertama saat keyboard tak sengaja tertumpah air. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya berikut ini langkah awal menangani keyboard yang terkena air.

Baca juga: Keyboard Android Gboard Dirombak, Apa Saja Bedanya?

Cabut dan membalikkan keyboard

Apabila keyboard Anda menggunakan kabel yang terhubung pada laptop maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencabut kabel. Setelah itu segera pindahkan keyboad ke permukaan kering serta membalikkannya agar cairan yang mengenai keyboard mengalir keluar.

Selanjutnya goyangkan keyboard dengan keras beberapa kali untuk mengeluarkan air di bagian dalamnya. Setelah mengeluarkan semua air, arahkan kipas ke keyboard untuk membantu proses pengeringan. Diamkan hingga 24 sampai 48 jam hingga keyboard mengering dan dapat digunakan kembali.

Matikan tombol keyboard dan cabut baterainya

Cara ini berlaku bagi pengguna yang memiliki keyboard portabel. Setelah mematikan dan mencabut baterai, Anda dapat mengeringkan dan membersihkannya dengan lap kering atau mengangin-anginkan.

Cabut keycaps keyboard

Bagi pemilik keyboard mekanik, Anda dapat mencabut tombol-tombol keyboard dengan alat khusus. Hal ini akan membuatnya lebih mudah mengering dan membersihkannya. Setelah kering dan bersih dengan sempurna Anda dapat mengembalikan keycaps tersebut pada keyboard.

Bongkar keyboard

Apabila sudah mengenai keyboard hingga tak berfungsi, Anda dapat segera membongkarnya. Usai mencabut bagian keyboard buka bagian sekrup yang menahan keyboard. Setelah itu gunakan kain untuk mengeringkan setiap sudut dalam keyboard yang terkena air. Kemudian keringkan keyboard di depan kipas.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Matikan laptop

Apabila air terkena keyboard laptop bawaan, maka segera matikan laptop dan cabut seluruh kabel yang terhubung di laptop. Setelah itu balikkan agar air dapat mengalir, dan gunakan kain penyerap untuk mulai mengeringkan permukaan laptop.

Menggunakan alkohol 99 persen isopril

Tak hanya air biasa, tak jarang keyboard terkena tumpahan cairan perasa seperti teh atau kopi. Hal ini yang membuat bagian keyboard lengket. Berikut ini cara mengatasinya:

  • Lepaskan keycaps keyboard jika memungkinkan
  • Selanjutnya tuang 99 persen alkohol isopropil ke mangkuk kecil
  • Celupkan kain ke dalam alkohol. Pastikan tidak terlalu basah 
  • Gunakan untuk menggosok bagian-bagian keyboard yang terkena cairan manis
  • Selanjutnya gunakan penyeka dan kain untuk membersihkan keycaps yang dilepas Pastikan membersihkan keycaps secara menyeluruh
  • Keringkan keyboard dengan kain bebas serabut. Kemudian biarkan selama 24 hingga 48 jam sebelum kembali Anda pasang

Demikian cara mengatasi keyboard yang terkena air. Apabila Anda ingin mengetahui beragam jenis keyboard dan fungsinya dapat menuju tautan berikut ini. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com