Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur Tersembunyi di iMessage, Termasuk Bisa Cek Status Penerbangan Pesawat

Kompas.com - 10/04/2023, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - iMessage, aplikasi pesan instan khusus untuk perangkat Apple seperti iPhone dan iPad, dibekali dengan berbagai fitur menarik. Akan tetapi, tak semua fitur iMessage telah diketahui oleh pengguna.

Dari berbagai fitur yang ada, terdapat beberapa fitur tersembunyi iMessage yang jarang diketahui pengguna. Bila penasaran ingin mengetahui lebih lanjut, berikut adalah daftar fitur tersembunyi iMessage.

Baca juga: Cara Bikin Stiker WhatsApp Otomatis di iPhone, Cuma Perlu “Copy-Paste” Gambar

Daftar fitur tersembunyi iMessage

1. Cek status penerbangan pesawat

Ilustrasi cara cek status penerbangan pesawat di iPhone via iMessage.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek status penerbangan pesawat di iPhone via iMessage.

Fitur tersembunyi iMessage yang pertama adalah pengguna bisa cek status penerbangan pesawat. Sejak iOS 15 dirilis sekitar dua tahun lalu, iPhone dibekali dengan fitur Data Detector yang memungkinkan teks dari nomor penerbangan bisa terdeteksi secara otomatis.

Dengan fitur ini, pengguna bisa cek status penerbangan pesawat di iPhone tanpa aplikasi tambahan. Fitur Data Detector buat cek status penerbangan pesawat di iPhone dapat diakses melalui aplikasi pesan instan Apple, iMessage.

Pengguna dapat memasukkan nomor penerbangan dan dan nama pesawat, misal “JT-12 Lion Air”, di iMessage. Kemudian, iMessage bakal bisa membaca data itu dan menampilkan informasi penerbangan dari pesawat terkait.

Cara cek status penerbangan via iMessage bisa dibaca lebih lanjut di artikel ini “iPhone Bisa Cek Status Penerbangan Pesawat via iMessage, Begini Caranya”.

2. Kirim pesan berefek dengan kode

Fitur tersembunyi iMessage yang kedua adalah pengguna bisa mengirim pesan dengan berbagai efek animasi, seperti balon berterbangan, potongan kertas warna-warni berhamburan, sorot lampu, kembang api, dan sebagainya.

Efek tersebut bisa secara otomatis muncul ketika mengirim pesan dengan kata-kata atau kode khusus. Misalnya, pengguna mengirim pesan bertuliskan “Congratulations” maka di layar iMessage bakal muncul efek animasi potongan kertas warna-warni berhamburan.

Daftar kode untuk memunculkan efek animasi pada pesan iMessage bisa dibaca lebih lanjut di artikel ini “Cara dan Kode untuk Menampilkan Efek iMessage”.

3. Menandai pesan yang belum terbaca

Berbarengan dengan iOS 16 dirilis, iMessage dibekali dengan berbagai fitur baru. Salah satunya adalah menandai pesan yang belum terbaca. Untuk menandai pesan yang belum terbaca, caranya cukup mudah.

Pengguna tinggal tekan lama kolom nama kontak di daftar pesan iMessage, lalu klik opsi “Mark as Unread” atau “Tandai Belum Dibaca”.

4. Mengedit pesan yang telah terkirim

Ilustrasi edit pesan terkirim di iMessage iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi edit pesan terkirim di iMessage iOS 16.

Di iOS 16, pengguna juga bisa mengedit pesan yang telah terkirim pada iMessage. Pengeditan bisa dilakukan hingga 15 menit setelah pesan terkirim ke pengguna lain. Satu pesan bisa diedit maksimal sebanyak lima kali.

Supaya bisa edit pesan terkirim di iMessage, caranya cukup mudah. Pengguna cukup tekan chat yang telah terkirim di ruang obrolan. Setelah itu, klik opsi “Edit” dan masukkan teks baru untuk mengganti yang lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com