Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlambat, Pengiriman iQoo Z7 dan Z7x yang Dijual di Indonesia

Kompas.com - 12/04/2023, 11:35 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemesan ponsel iQoo Z7 series 5G di Indonesia sedang dilanda rasa kecewa. Pasalnya, ponsel yang mereka pesan pada 3-9 April lalu itu dikonfirmasi mengalami keterlambatan pengiriman.

Kabar keterlambatan pengiriman iQoo Z7 series 5G tersebut disampaikan langsung oleh iQoo lewat Instagram resminya.

"Kami informasikan kepada Anda bahwa unit smartphone terbaru kami yang dijual pada program pre-order (PO) akan mengalami keterlambatan pengiriman dikarenakan sesuatu hal di luar kendali kami," tulis Tim Produk iQoo sebagaimana diposting di Instagram @iqoo_id.

Baca juga: HP Android iQoo Z7 dan iQoo Z7x Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Tangkapan layar pengumuman keterlambatan pengiriman unit HP iQoo Z7 series 5G. Postingan ini juga dibanjiri oleh luapan kekecewaan dari konsumen iQoo.Instagram/ @iqoo_id Tangkapan layar pengumuman keterlambatan pengiriman unit HP iQoo Z7 series 5G. Postingan ini juga dibanjiri oleh luapan kekecewaan dari konsumen iQoo.
Postingan iQoo itu pun langsung ramai dibanjiri oleh luapakan kekecewaan dari konsumen yang tampaknya mengikuti program PO dua model iQoo Z7 series 5G tempo hari, yaitu iQoo Z7 5G dan iQoo Z7x 5G.

Misalnya salah satu akun mengatakan dirinya gagal pamer HP gaming baru saat lebaran nanti, karena keterlambatan pengiriman ini.

Konsumen lain juga mengaku sengaja menggunakan Tunjangan Hari Raya (THR) miliknya untuk membeli iQoo Z7 series 5G saat masa pre-order. Dengan harapan, ia bisa memiliki HP baru saat lebaran.

Konsumen lain juga meminta kepastian dari iQoo soal jadwal pengiriman. Sejumlah konsumen khawatir mereka tidak bisa menerima ponselnya begitu dikirimkan karena sedang liburan atau mudik.

Konsumen lain juga meminta penjelasan terkait alasan keterlambatan pengiriman ini. Sebab, dengan keterlambatanan ini, pesanan PO iQoo Z7 series 5G di marketplace bisa mengalami pembatalan otomatis.

"Saat ini kami sedang bekerja sama dengan pihak platform e-commerce untuk perpanjangan waktu pemesanan, hal ini dapat di konfirmasi langsung ke CS platform e-commerce terkait," tulis akun @iqoo_id soal pembatalan pesanan otomatis di marketplace.

Baca juga: iQoo Z7 dan iQoo Z7x Meluncur dengan Baterai 6.000 mAh

KompasTekno telah menghubungi pihak Vivo Indonesia selaku induk brand iQoo, serta menghubungi pihak iQoo Indonesia secara langsung untuk meminta tanggapan terkait keterlambatan pengiriman unit pre-order iQoo Z7 series 5G ini.

"Tentunya, Vivo dan iQOO akan selalu mengutamakan kualitas dari produk yang kami berikan. Keterlambatan ini guna menjamin kualitas tersebut," kata PR Representative Vivo Indonesia, Alexa Tiara melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Rabu (12/4/2023).

Sementara menurut pihak iQoo, saat ini perusahaan tengah berupaya untuk mengirimkan produk kepada konsumen.

"Saat ini perusahaan sedang melakukan yang terbaik untuk dapat segera mengirimkan produk ke konsumen," kata Amanda Vinaya, Public Relation Specialist iQoo Indonesia.

Dalam postingan Instagram resmi iQoo Indonesia, tidak dijelaskan alasan penundaan pengiriman unit iQoo Z7 5G dan iQoo Z7x 5G. Ada dugaan masalah ini terjadi lantaran ada kendala pada pendaftaran International Mobile Equipment Identity (IMEI).

KompasTekno telah menghubungi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mengonfirmasi dugaan ini. Namun, kedua lembaga tersebut belum memberikan tanggapan hingga berita ini ditayangkan.

Baca juga: Pengiriman iQoo Z7 dan iQoo Z7x di Indonesia Terlambat, Pembeli Kecewa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com