Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Punya Fitur Baru untuk Hemat Memori Ponsel

Kompas.com - 12/04/2023, 12:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem operasi Android memiliki fitur baru yang bisa bikin perangkat makin hemat memori. Secara teknis, fitur tersebut dapat mengelola dan membebaskan ruang penyimpanan ponsel. Namanya adalah Auto-archive alias pengarsipan otomatis.

Sesuai namnya, fitur Auto-archive memungkinkan ponsel mengarsipkan aplikasi yang jarang digunakan secara otomatis.

Dengan begitu, ponsel masih bisa membebaskan ruang penyimpanan untuk aplikasi lain, tanpa harus benar-benar mencopot pemasangan (uninstall) aplikasi lama.

Baca juga: Memori HP Android Penuh? Coba Lakukan 5 Hal Ini

Tampilan fitur auto-archive bakal muncul ketika pengguna mencoba menginstal aplikasi, namun ruang penyimpanan ponsel penuh.Android Developers Blog Tampilan fitur auto-archive bakal muncul ketika pengguna mencoba menginstal aplikasi, namun ruang penyimpanan ponsel penuh.
Dalam blog resmi Android Developers, Manajer Produk Google Play, Chang Liu dan Lidia Gaymond, mengatakan bahwa fitur Auto-archive menjadi cara mudah bagi pengguna untuk mengelola penyimpanan perangkat mereka.

Fitur baru ini juga menjadi cara yang bagus bagi pengembang untuk mengurangi kemungkinan aplikasi mereka di-uninstall.

Sebelumnya, ketika ingin menginstal aplikasi saat kapasitas penyimpanan hampir penuh, pengguna bakal melihat jendela yang menyarankan untuk meng-uninstall aplikasi secara manual.

Padahal, menurut Liu dan Gaymond, terkadang mencopot seluruh aplikasi, termasuk semua data aplikasi pengguna, tidak diperlukan.

Di sinilah peran fitur Auto-archive. Bila pengguna mengaktifkan fitur Auto-archive, fitur ini otomatis dapat membantu pengguna secara otomatis mengosongkan hingga hampir 60 persen ruang penyimpanan aplikasi, tanpa menghapus keberadaan aplikasi atau data pengguna dari perangkat.

Baca juga: Trik Agar Chat WhatsApp Tidak Memenuhi Memori Penyimpanan HP

Pengguna bisa menikmati fitur auto-archive dengan langkah sebagai berikut:

  • Pengguna mencoba memasang aplikasi baru saat perangkat kehabisan ruang penyimpanan. Bila ruang penyimpanan masih banyak, pengguna tidak bisa menggunakan fitur ini.
  • Jendela pop-up muncul menanyakan apakah pengguna ingin mengaktifkan fitur auto-archive (pengarsipan otomatis).
  • Jika memilih mengaktifkan, aplikasi yang tidak digunakan di perangkat pengguna akan diarsipkan secara otomatis. Dengan begitu akan ada cukup ruang untuk menginstal aplikasi baru.

Saat ingin kembali menggunakan aplikasi yang sudah diarsipkan, pengguna cukup mengunduh ulang aplikasi dan dapat langsung melanjutkan aktivitas di aplikasi, karena data tidak dihapus, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog Android Developers, Rabu (12/4/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com