Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 14 Beta Meluncur, Ini Daftar HP yang Kebagian

Kompas.com - 13/04/2023, 14:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Google baru-baru ini merilis sistem operasi (OS) mobile Android terbarunya yakni Android 14.

Kendati demikian, sistem operasi yang digelontorkan masih terbatas untuk smartphone Google Pixel saja dan sifatnya masih uji coba (beta), belum stabil.

Perangkat yang bakal kebagian OS anyar tersebut adalah Pixel 4a series hingga Pixel 7 series. Berikut adalah rinciannya.

  • Pixel 4a 5G
  • Pixel 5
  • Pixel 5a
  • Pixel 6
  • Pixel 6 Pro
  • Pixel 6a
  • Pixel 7
  • Pixel 7 Pro

Seperti yang disebut sebelumnya, Android 14 yang digelontorkan masih versi beta. Artinya, OS tersebut masih dalam tahap uji coba dan belum digelontorkan secara publik ke perangkat Android.

Baca juga: Fitur Find My Device di Android 14 Bisa Lacak Ponsel Hilang meski Keadaan Mati?

Melansir GizChina, seperti yang dikutip KompasTekno, Kamis (13/4/2023), Android 14 yang dirilis Google baru-baru ini kemungkinan besar masih belum stabil dan belum dapat digunakan secara sempurna.

Maka dari itu, pengguna yang ingin menjajal kebaruan fitur di Android 14 diimbau untuk menunggu perilisan OS versi stabil. Bagi pengguna yang belum kebagian, jangan berkecil hati karena Google sudah mengumbar jadwal perilisan Android 14.

Setelah menggulirkan Android 14 versi beta ke pengguna Pixel di bulan April, Google mengatakan akan memperluas program beta ke perangkat lain pada Mei mendatang.

Lalu, periode Juni hingga Juli, perusahaan akan meluncurkan Android 14 versi beta dengan sistem yang lebih stabil dari sebelumnya. Memasuki bulan Agustus dan seterusnya, Google bakal merilis Android 14 versi stabil ke seluruh pengguna Android.

Bocoran fitur Android 14

Bocoran fitur yang bakalan ada di Android 14 adalah hadir dengan fitur “Material You” sama seperti di Android 13 dan Health Connect untuk memantai kesehatan dan aktivitas olahraga di perangkat yang berbeda-beda.

Baca juga: Bocoran Nama Android 14: Upside Down Cake

Fitur lainnya adalah memiliki konektivitas satelit yang mirip iPhone 14 series. Namun, belum diketahui apakah fitur tersebut tersedia secara gratis atau tidak. Sebab, fitur konektivitas satelit (Emergency SOS) di iPhone 14 hanya gratis selama dua tahun saja.

Adapun Android 14 bakal menghadirkan gestur navigasi yang baru guna meningkatkan dan mempermudah pengguna melakukan sejumlah gestur untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Kebaruan fitur lainnya, sistem dimungkinkan untuk menyimpan file media (foto atau video) secara otomatis ke galeri foto, serta meningkatkan keamanan dan privasi pengguna.

Android 14 bakal memungkinkan pengguna memilih izin akses media yang lebih detail kepada aplikasi. Misal, meminta izin akses media di setiap aplikasi.

Kehadiran fitur tersebut pun secara tidak langsung memberi kontrol yang lebih besar kepada pengguna untuk memilih, apakah mereka ingin membagikan akses informasi sensitif kepada aplikasi atau tidak.

Cara download Android 14 versi beta

Apabila pengguna tetap ingin mencoba Android 14 versi beta, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, kunjungi laman google.com/android/beta.
  • Lalu, pilih tombol “View your eligibl devices”
  • Pilih model perangkat Pixel yang Anda gunakan
  • Klik “Opt in” untuk mendaftar program beta (uji coba)
  • Buka smartphone Pixel Anda. Akses laman “Pengaturan” atau “Settings”
  • Pilih "System" dan klik "System Update"
  • Ikuti instruksi yang ditampilkan perangkat untuk mengunduh (install) Android 14 versi beta ke dalam smartphone.
  • Selamat mencoba
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com