Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZTE Axon 50 Ultra Meluncur dengan Fitur Komunikasi Satelit

Kompas.com - 14/04/2023, 10:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - ZTE resmi meluncurkan smartphone kelas atas (flagship) terbarunya dari keluarga Axon Series, yaitu Axon 50 Ultra. Seperti namanya, ponsel ini merupakan suksesor dari Axon 40 Ultra yang sudah dirilis lebih dulu tahun lalu.

Sebagai penerus, ponsel ini dibekali dengan berbagai fitur baru, salah satunya adalah fitur pesan singkat (Short Messaging Services/SMS) dua arah melalui konektivitas satelit

Nantinya, fitur ini akan mengandalkan layanan SMS satelit yang dimiliki oleh perusahaan internet Beidou yang dijuluki BDS.

Melalui layanan ini, pengguna akan bisa mengirimkan SMS meski mereka tidak mendapatkan sinyal seluler. Fitur ini berguna saat dalam keadaan darurat, misalnya saat tersesat di wilayah tanpa sinyal.

Baca juga: Samsung Bikin Chip Exynos Modem 5300 untuk Komunikasi Satelit

Selain fitur SMS satelit, ZTE Axon 50 Ultra juga dibekali dengan peningkatan di sektor dapur pacu. Ponsel ini dibekali chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Chipset ini dipadukan dengan RAM berjenis LPDDR5X dan media penyimpanan (storage) berjenis UFS 3.1. Tidak disebutkan berapa kapasitas RAM dan storage yang diusung ponsel ini.

Pada sektor kamera, ZTE Axon 50 Ultra dibekali dengan tiga kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 64 MP (Sony IMX787, OIS), 50 MP (telefoto, 3x optical zoom), dan 50 MP (ultrawide). 

Ponsel ini juga memiliki kamera depan dengan resolusi 16 MP. Kamera ini dimuat di modul punch hole yang terletak di bagian tengah atas layar.

Soal layar, ZTE Axon 50 Ultra mengadopsi layar AMOLED melengkung (curved) 1 miliar warna yang berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus. Layar ini sudah mendukung refresh rate hingga 144 Hz.

Baca juga: Motorola Defy 2 Meluncur, Ponsel Android dengan Konektivitas Satelit

Untuk sektor daya, ponsel ini ditopang dengan baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh. Baterai ini mendukung pengisian cepat dengan daya 80 watt.

Di sektor software, ZTE Axon 50 Ultra menjalankan sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) MyOS 13, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Jumat (14/4/2023).

Meski desain dan spesifikasinya sudah diumbar, ZTE belum mengumbar harga perangkat ini, baik utnuk pasar China atau global. Belum bisa dipastikan pula apakah perangkat ini akan dijual di Indonesia atau tidak. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com