Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Playlist Spotify buat Dengar Musik Selama Perjalanan Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 17/04/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Perjalanan mudik Lebaran 2023 bisa menghabiskan banyak waktu, apalagi untuk pengguna yang harus melalui jalur dengan jarak tempuh yang lumayan jauh. Di tengah perjalanan mudik yang jauh, pengguna mungkin bakal dilanda rasa bosan atau jenuh.

Namun, rasa bosan tersebut bukan berarti tak bisa diatasi. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan saat mudik Lebaran 2023, misalnya, mendengarkan lagu atau musik sepanjang perjalanan.

Baca juga: Cara Main Game Mewarnai di Google yang Lagi Ramai, Ada Buku Mewarna Edisi Lebaran

Untuk mendengarkan musik, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi streaming audio Spotify. Di Spotify, terdapat banyak sekali koleksi lagu yang bisa diputar secara online kapan pun lewat ponsel. Lagu-lagu tersebut juga bisa dibuat dalam satu playlist (daftar putar).

Dengan playlist Spotify, pengguna bisa memilih dan memasukkan lagu-lagu favoritnya untuk diputar selama perjalanan mudik Lebaran 2023. Lantas, bagaimana cara membuat playlist di Spotify?

Cara membuat playlist Spotify bisa dibilang cukup mudah. Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat playlist Spotify buat jadi teman perjalanan mudik Lebaran 2023.

Cara membuat playlist Spotify untuk teman mudik Lebaran 2023

  • Buka aplikasi Spotify yang terdapat di ponsel dan pastikan telah login akun.
  • Kemudian, pada halaman awal Spotify, klik menu “Your Library”.
  • Lalu, klik ikon tambah dan masukkan nama playlist baru yang ingin dibuat.
  • Setelah itu, klik opsi “Create” dan nama playlistbaru kini telah berhasil dibuat.
    Ilustrasi cara membuat playlist SpotifyKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat playlist Spotify
  • Setelah nama playlist berhasil dibuat, silakan tambah lagu ke dalamnya.
  • Untuk menambahkan lagu, caranya ketuk opsi “Add Song” yang berada di dalam halaman nama playlist Spotify.
  • Cari lagu-lagu favorit untuk dimasukkan ke playlist Spotify.
  • Klik ikon tambah di samping judul lagu untuk memasukkannya ke playlist Spotify baru
    Ilustrasi cara menambahkan lagu di playlist SpotifyKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambahkan lagu di playlist Spotify

Bila hendak memutar daftar lagu favorit yang baru dibuat tadi, pengguna bisa menekan tombol “Play” yang berada halaman playlist Spotify. Cukup mudah bukan cara membuat playlist Spotify?

Untuk diketahui, cara di atas dijajal pada aplikasi Spotify yang berada di iPhone. Beda wadah untuk mengakses mungkin bakal berbeda pula caranya. Demikianlah penjelasan cara membuat playlist Spotify untuk teman mudik Lebaran 2023.

Sebagai informasi tambahan, playlist Spotify bisa dibuat dan diputar tanpa harus berlangganan. Akan tetapi, bila pengguna menggunakan akun gratis maka biasanya bakal selingan iklan saat memutar playlist Spotify.

Baca juga: Tilang Elektronik ETLE Tetap Berlaku Selama Lebaran 2023, Ini Cara Cek Lokasi Kameranya

Jika ingin bebas dari iklan, pengguna dapat berlangganan akun Spotify premium. Selain bebas dari iklan, akun Spotify premium juga bisa dipakai buat mengunduh lagu untuk diputar secara offline.

Saat ini, berlangganan akun Spotify premium bisa diperoleh dengan harga mulai Rp 2.500 per hari atau Rp 55.000 per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com