Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sega Beli Pengembang Game Angry Bird Senilai Rp 11 Triliun

Kompas.com - 18/04/2023, 09:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Raksasa video game asal Jepang, Sega, memastikan bahwa perusahaan tengah dalam proses membeli Rovio Entertainment Ltd, pengembang game seluler populer Angry Birds.

Nilai akuisisi Sega terhadap pengembang game asal Finlandia itu disebut mencapai 706 juta euro atau setara Rp 11,4 triliun.

Rovio dikenal sebagai pembuat game seluler yang sukses di-download lebih dari 5 miliar kali, berkat franchise Angry Birds hingga Bad Piggies.

Dalam siaran persnya, Sega mengatakan pasar game seluler (game mobile) memiliki potensi yang sangat tinggi. Pihaknya memperkirakan game seluler akan tumbuh hingga 56 persen pada tahun 2026.

Baca juga: Fotografer Potret Angry Birds di Dunia Nyata, Begini Penampakannya

Nah, Sega ingin mengandalkan keahlian Rovio untuk melebarkan "sayap" Sega di dunia game mobile, khususnya dengan judul game Sega yang ada saat ini. Sebut saja seperti franchise Sonic the Hedgehog dan Total War.

Sebagai imbalannya, Sega mengatakan akan membantu Rovio berkembang di luar game seluler dan meluncurkan game-nya di platform lain.

Tercatat juga bahwa kedua perusahaan cukup sukses di ranah multimedia, menghadirkan Angry Birds dan Sonic the Hedgehog ke layar lebar bioskop.

Sega berharap dapat menyelesaikan akuisisi pada akhir September 2023.

Rovio akan menjadi bagian dari Sega Eropa, anak perusahaan yang berbasis di Inggris yang juga mencakup studio seperti Creative Assembly (Total War) dan Sports Interactive (Football Manager), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Selasa (18/4/2023).

CEO Rovio Alexandre Pelletier-Normand mengatakan bahwa karakter utama dalam Angry Birds dan Sonic the Hedgehog adalah "dua karakter ikonik dan diakui secara global yang dibuat oleh dua perusahaan yang sangat saling melengkapi, dengan jangkauan di seluruh dunia yang mencakup ponsel, PC/konsol, dan lainnya".

Baca juga: Game Angry Birds Pertama di Android Dihapus dari Play Store 23 Februari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com