Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bio Instagram Kini Bisa Cantumkan 5 Link Sekaligus, Tak Perlu Pakai Linktree

Kompas.com - 19/04/2023, 18:06 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, pengguna platform berbagi foto dan video Instagram hanya bisa mencantumkan satu tautan di bio yang mengarahkan pengunjung ke situs lainnya.

Bila ingin memuat lebih dari satu tautan, pengguna biasanya harus mengandalkan layanan landing page pihak ketiga seperti Linktree.

Kini, Instagram telah meluncurkan pembaruan (update) yang memungkinkan pengguna untuk menyematkan lima tautan di bio sekaligus.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi memanfaatkan layanan pihak ketiga untuk menambahkan tautan yang mengarahkan pengunjung ke situs bisnis pribadi atau akun media sosial lainnya.

Adapun pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg lewat kanal Meta di Instagram Channel.

"Anda sekarang bisa mencantumkan hingga lima tautan di bio Instagram," kata Zuckerberg pada Selasa (18/4/2023).

"Fitur ini kemungkinan menjadi salah satu pembaruan Instagram yang paling banyak diminta oleh pengguna," imbuhnya.

Baca juga: Makin Mirip TikTok, Instagram Rilis Fitur Trending untuk Reels

Sebelumnya, Instagram sudah menguji coba fitur ini sejak Oktober 2022. Akhirnya, fitur ini resmi dirilis ke lebih banyak pengguna, baik akun "reguler" (non-bisnis) maupun akun bisnis.

Pantauan KompasTekno pada Rabu (19/4/2023), fitur tersebut sudah hadir di Indonesia. Khususnya aplikasi Instagram di Android versi 278.0.0.21.117 alias yang terbaru.

Laman pusat bantuan Instagram juga menyebutkan bahwa fitur penambahan lima tautan di bio juga tersedia di platform iOS.

Apabila Anda belum mendapatkan fitur ini, coba update aplikasi Instagram ke versi terbaru. Jika sudah melakukan update namun belum muncul, kemungkinan perilisannya belum merata. Untuk saat ini, fitur ini belum tersedia di aplikasi Instagram versi web.

Nah, apabila Anda termasuk yang sudah kebagian, berikut langkah-langkah mencantumkan tautan lebih banyak di bio Instagram untuk versi Android.

Cara menambah tautan di bio Instagram versi Android

 

ilustrasi cara menambahkan lima tautan di InstagramMikhaangelo Fabialdi Nurhapy ilustrasi cara menambahkan lima tautan di Instagram

  • Kunjungi laman profil dengan menekan ikon foto di bagian kanan bawah Instagram
  • Ketuk tombol "Edit profile" yang terletak di bawah nama pengguna dan di atas menu "Story highlights"
  • Pilih menu "Links" di bawah "Bio"
  • Pilih "Add external link" untuk menambahkan tautan ke situs lainnya atau "Add Facebook link" untuk mencantumkan tautan akun Facebook. Bila sudah menambahkan lima tautan ke situs lainnya, pengguna tidak bisa menambahkan akun Facebook
  • Dalam menu "Add external link", isi nama situs di "Title" dan alamat situs di "URL"
  • Setelah itu, tekan tombol tiga titik horizontal berwarna biru dan "Reorder links" untuk mengurutkan tautan. Hal ini penting karena pengunjung hanya bisa melihat situs teratas saja dan harus menekan tautan untuk melihat keempat situs lainnya
  • Kembali ke menu profil, dan pilih "[nama situs Anda] and 4 others" untuk melihat semua situs yang dicantumkan
  • Situs yang dipilih akan terbuka langsung di Instagram. Untuk membuka lewat browser, ketuk menu tiga titik vertikal pada situs yang sudah dibuka dan pilih "Open in Chrome" atau browser lainnya.

Baca juga: Fitur Baru Instagram Bisa Simpan Bookmark Bareng Teman

Pengguna hanya bisa mencantumkan maksimal lima tautan. Lebih dari itu, pengguna tetap harus memanfaatkan layanan pihak ketiga, seperti Linktree.

Perlu dicatat, pengguna hanya bisa mencantumkan tautan yang sesuai dengan pedoman komunitas serta syarat dan ketentuan Instagram. Tautan yang mengarahkan pengunjung ke situs media sosial lainnya seperti Twitter masih diperbolehkan.

Instagram pun akan memindai setiap tautan tersebut untuk memastikan tidak adanya penyalahgunaan yang mengarahkan pengunjung ke situs yang berbahaya.

Meski sudah memiliki fiturnya sendiri, Instagram tidak punya rencana untuk memblokir tautan Linktree atau layanan landing page pihak ketiga lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com