Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status WhatsApp Bisa Di-share Langsung ke Facebook, Begini Caranya

Kompas.com - 20/04/2023, 11:30 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp Indonesia kini bisa lebih mudah membagikan cerita secara bersamaan di WhatsApp Status dan Facebook Story.

WhatsApp menyebut bahwa fitur tersebut akan mulai digelontorkan secara global untuk seluruh pengguna dalam beberapa waktu ke depan.

Melalui pernyataan resmi WhatsApp Indonesia yang diterima KompasTekno, Kamis (20/4/2023), fitur berbagi status antar-platform dihadirkan untuk mewujudkan masukan para pengguna yang ingin langsung membagikan status mereka di dua platform secara otomatis.

“Kami menerima masukan bahwa pengguna ingin membuat proses ini menjadi lebih mudah, tidak perlu membagikan pembaran status WhatsApp secara manual. Sekarang, kami telah menambahkan fitur opsional untuk membagikan WhatsApp Status secara otomatis ke Facebook Story,” papar WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Anti-pembajakan Akun dari Kode Verifikasi SMS

Status sendiri kerap menjadi salah satu cara pengguna berkomunikasi dan berinteraksi dengan pengguna lain di WhatsApp. Bentuk konten yang diunggah dapat berupa foto, video, teks, hingga GIF.

Sama seperti prinsip status atau stories pada umumnya, konten tersebut hanya bertahan selama 24 jam saja. Setelah lewat 24 jam, status tersebut tidak dapat dilihat ulang.

WhatsApp memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membagikan status di WhatsApp langsung ke Facebook StoryWhatsApp Indonesia WhatsApp memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membagikan status di WhatsApp langsung ke Facebook Story

Cara membagikan WhatsApp Status langsung ke Facebook Story cukup mudah. Pengguna tinggal geser ke laman Status di aplikasi WhatsApp. Di bawah tulisan “My status” akan muncul tulisan “Share to Facebook Story”.

Jika diklik, akan muncul halaman baru yang berisikan foto profil lengkap dan pengaturan privasi konten.

Pengguna bisa memilih akun mana saja yang dapat melihat status tersebut, apakah unggahan tersebut dibagikan secara publik atau eksklusif untuk kerabat dekat saja, dan sebagainya.

Cara mengunggah WhatsApp Status langsung ke Facebook StoryWhatsapp Cara mengunggah WhatsApp Status langsung ke Facebook Story
Pengguna juga dimungkinkan untuk membagikan WhatsApp status lama yang sudah dibagikan sebelumnya. Caranya dengan mengeklik “My status” di perangkat, pilih ikon titik tiga dari status yang ingin dibagikan ke Facebook Story.

Baca juga: Trik Membuat Foto Profil WhatsApp Full dan Tidak Terpotong

Kemudian, klik “Allow” dan “Open” untuk membuka aplikasi Facebook. Pilih “Share Now” untuk membagikan status lama ke Facebook Story.

Untuk meningkatkan keamanan pengguna, WhatsApp menyebut bahwa WhatsApp Status yang diunggah ke Facebook Story bakal tetap dilindungi oleh sistem keamanan end-to-end encryption (E2EE, enkripsi ujung-ke-ujung).

WhatsApp menambahkan bahwa fitur berbagi status antarplatform tidak diaktifkan secara default (bawaan) di WhatsApp. Pengguna dapat memilih ingin menggunakan fitur tersebut atau menonaktifkannya kapan saja.

Agar Anda bisa mendapat informasi terkini mengenai kebaruan fitur di atas, lakukan pembaruan aplikasi WhatsApp secara berkala di toko aplikasi resmi Google Playstore (Android) ataupun Apple App Store (iOS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com