Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Tips Hemat Baterai HP Selama Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 21/04/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Perjalanan mudik Lebaran 2023 ke kampung halaman biasanya menempuh waktu yang panjang. Terlebih lagi saat menggunakan jalan darat. Untuk mengusir kejenuhan perjalanan mudik tentu pengguna akan bermain HP.

Mulai dari mendengarkan musik, menonton video, hingga menggunakan aplikasi layanan streaming. Namun bermain HP saat perjalanan mudik secara terus menerus tentu akan membuat baterai ponsel cepat boros.

Padahal Anda masih membutuhkan ponsel demi kepentingan lain terutama dalam berkomunikasi. Kendati demikian Anda tak perlu risau. Anda dapat menerapkan tips menghemat baterai selama mudik Lebaran nanti.

Apa saja itu? Selengkapnya berikut ini cara menghemat baterai yang bisa Anda coba.

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Mengecas HP, Bikin Kualitas Baterai Berkurang

Menurunkan tingkat kecerahan layar

Apakah layar HP perlu pakai Tempered Glass?KOMPAS.com/Zulfikar Apakah layar HP perlu pakai Tempered Glass?

Cara pertama untuk menghemat baterai selama mudik Lebaran adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar yang tinggi. Anda dapat mengatur tingkat kecerahan HP secara manual di bagian menu bar atas.

Apabila Anda mengaktifkan fitur kecerahan otomatis, biasanya terdapat sensor tambahan yang akan bekerja dan bisa mengonsumsi daya perlahan.

Mematikan frekuensi radio, NFC, GPS, WiFi yang tak digunakan

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Mau Terhubung ke HotspotOnline Tech Tips Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Mau Terhubung ke Hotspot

Jangan lupa untuk mematikan fitur konektivitas pada HP yang tidak digunakan. Beberapa fitur konektivitas yang sering aktif dan jarang dimatikan, seperti NFC, GPS, WiFi, Hotspot, dan lain sebagainya.

Fitur-fitur yang lupa dimatikan tersebut dapat menghabiskan cukup banyak daya pada baterai, Terlebih lagi pada di wilayah susah sinyal, sistem akan bekerja lebih ekstra untuk menyambungkan HP dengan jaringan seluler.

Hal ini yang dapat membuat baterai lebih boros. Maka dari itu jangan lupa untuk mematikan berbagai fitur konektivitas yang sudah tidak digunakan.

Mengurangi menjalankan aplikasi berat

Tampilan tiket M4 World Championship Mobile Legends yang bisa dibeli di BliBli.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan tiket M4 World Championship Mobile Legends yang bisa dibeli di BliBli.

Perjalanan mudik yang panjang tentu membuat bosan. Salah satu cara mengatasinya adalah bermain game online hingga menonton film. Namun apabila Anda ingin menghemat baterai HP sebaiknya harus pintar mengatur penggunaan ponsel.

Usahakan untuk mengurangi menjalankan aplikasi berat, seperti aplikasi game, video on demand, dan lain sebagainya. Agar tetap mengontrol penggunaan baterai ponsel, Anda dapat melihatnya di fitur “Battery & performance” di HP Android.

Menonaktifkan notifikasi yang kurang penting

Notifikasi WhatsApp Reactions yang muncul jika pesan diberi Reaksi.Kompas.com/Lely Maulida Notifikasi WhatsApp Reactions yang muncul jika pesan diberi Reaksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com