Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara agar Akun Twitter Tetap Punya Centang Biru

Kompas.com - 21/04/2023, 16:32 WIB
Soffya Ranti,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter resmi menghapus centang biru dari akun-akun warisan (legacy), yang mendapatkannya melalui proses verifikasi dari Twitter.

Ke depannya, centang biru Twitter hanya bisa dimiliki oleh mereka yang berlangganan Twitter Blue. Fitur ini juga sudah resmi meluncur di Indonesia.

Layanan Twitter premium ini memungkinkan pengguna bisa mengakses beragam fitur eksklusif dan pengalaman berbeda dari Twitter “reguler”.

Baca juga: Centang Biru Hilang dari Akun-akun Twitter di Indonesia

Bagi pengguna yang berlangganan Twitter Blue mereka akan disuguhkan dengan fitur tambahan. Salah satunya dari batasan karakter twit pengguna.

Bagi pengguna yang tertarik Twitter Blue agar akun mereka tetap memiliki centang biru, maka dapat berlangganan melalui ponsel maupun Twitter web. Sebagai informasi harga berlangganan dua versi ini berbeda.

Di Indonesia Twitter Blue versi web dipatok dengan harga Rp 120.000 per bulan, atau Rp 1,25 juta per tahun.

Sedangkan pengguna Android dan iOS dikenakan harga Rp 165.000 per bulan. Lantas bagaimana cara mendaftar Twitter Blue agar tetap punya centang biru? Berikut ini tutorialnya.

Cara mendaftar Twitter Blue

  • Buka akun Twitter Anda di twitter.com
  • Login menggunakan username/e-mail dan password akun Twitter
  • Menuju ke panel menu sebelah kiri dan klik “Twitter Blue”
  • Klik “Subscribe”
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan pada metode pembayaran. Apabila melalui web pembayaran hanya tersedia dengan menggunakan kartu kredit. Sedangkan pengguna mobile dapat memiliki metode pembayaran yang bervariasi. Salah satunya melalui e-wallet
  • Setelah konfirmasi pembayaran kini Anda telah berlangganan Twitter Blue

Syarat mendaftar Twitter Blue

Sebagai syarat berlangganan Twitter versi premium ini, pengguna harus:

  • memiliki akun yang berumur lebih dari 90 hari
  • akun-akun yang tidak aktif, akun yang profilnya diperbarui, atau akun yang tidak terverifikasi nomor ponsel maka tidak bisa berlangganan Twitter Blue.

Fitur-fitur Twitter Blue

Tak hanya tanda centang biru, Twitter Blue juga memberikan fitur premium lainnya pada pengguna dan memberikan akses awal ke fitur terbaru sebelum tersedia secara reguler ke semua pengguna.

Berikut ini beberapa fitur premium dari Twitter Blue.

Edit tweet

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan perubahan pada twit yang telah diposting. Pengguna diberikan waktu 30 menit agar dapat mengedit, melakukan pembaruan, hingga menyusun ulang twit yang telah diposting.

Folder bookmark

Folder bookmark memungkinkan pengguna dapat memfilter rangkaian twit yang telah disimpan sesuai dengan kategori tertentu.

Ilustrasi Twitter Blue.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi Twitter Blue.

Twitter Blue memudahkan penggunannya membuat bookmark dan folder bookmark dalam jumlah tak terbatas dan bersifat pribadi.
Ikon aplikasi khusus

Pengguna Twitter Blue juga bisa mengubah tampilan ikon aplikasi Twitter di ponsel. Pengguna akan disuguhkan beragam opsi warna-warni. Anda dapat mengecek secara berkala menu “Setelan” untuk mendapatkan update mengenai tampilan fitur baru.

Profil NFT

Pengguna Twitter Blue dapat menambahkan gambar profil NFT. Nantinya pengguna foto profil NFT akan terlihat berbeda dan dapat terlihat dari bingkai foto profil pengguna yang berbentuk segi enam.
Tema

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com