Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Canalys: Pasar Smartphone Lesu Awal 2023 Ini

Kompas.com - 23/04/2023, 13:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Canalys

KOMPAS.com - Firma riset pasar Canalys baru-baru ini merilis laporan jumlah pengiriman (shipment) smartphone global untuk kuartal-I 2023.

Selama periode Januari-Maret 2023 tersebut, Canalys menyebut bahwa jumlah pengiriman smartphone berada di angka kurang lebih 250 juta unit.

Angka ini turun 12 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pada kuartal-I 2022 lalu, Canalys mencatat pengiriman smartphone global berada di angka kurang lebih 300 juta unit. 

Menurut Canalys, penurunan ini disebabkan oleh kondisi ekonomi global yang belum membaik. Di masa-masa seperti ini, vendor smartphone memangkas biaya operasi dan biaya lain-lain, termasuk biaya produksi, untuk menghemat kas perusahaan. 

Baca juga: Lagi Tren di Amerika, Gen-Z Ramai-ramai Tinggalkan Smartphone dan Ganti ke Ponsel Fitur

"Meski ada pemangkasan harga besar-besaran di sejumlahn model ponsel, permintaan konsumen, terutama di segmen ponsel kelas bawah, tetap lesu di kuartal-I 2023 ini," tulis Canalys.

"Situasi ini disebabkan oleh angka inflasi yang tinggi, di mana hal tersebut juga akan turut mempengaruhi kepercayaan dan pengeluaran konsumen," imbuh Canalys.

Selain alasan di atas, Canalys juga menyebut bahwa tingkat inflasi tinggi menjadi pemicu vendor-vendor mengurangi stok ponsel di gudang mereka. Cara yang dilakukan seperti pengurangan unit atau penyetopan produksi. 

Namun, kondisi seperti ini, lanjut Canalys, bisa menjadi pembelajaran bagi vendor-vendor smartphone. Sebab, mereka bisa lebih menata arus kas dan jumlah produksi ponsel yang harus mereka kirim ke pasar, tentunya supaya tidak menumpuk di gudang.

Sehingga, dengan berbagai pembelajaran atau anjloknya pasar ponsel global ini, Canalys memprediksi pasar smartphone akan pulih pada kuartal-II 2023 mendatang.

Terlepas dari pasar smartphone global kuartal-I 2023, Canalys juga merilis daftar lima vendor smartphone teratas di pasar global untuk periode yang sama. 

Samsung masih menduduki posisi pertama sebagai vendor smartphone terlaris di kuartal-I 2023 dengan pangsa pasar (market share) 22 persen. 

Baca juga: Saat CEO Nokia Ramal Kiamat Smartphone Dimulai Tahun 2030...

Posisi Samsung diikuti oleh Apple, Xiaomi, Oppo, dan Vivo yang masing-masing memiliki market share 21 persen, 11 persen, 10 persen, dan 8 persen. 

Selengkapnya, berikut daftar 5 vendor smartphone teratas di kuartal-I 2023 versi Canalys, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Canalys.com, Minggu (23/4/2023). 

No. Vendor smartphone Pangsa pasar kuartal-I 2022 (persen) Pangsa pasar kuartal-I 2022 (persen) Pertumbuhan (persen)
1. Samsung 24 22 -2
2. Apple 18 21 3
3. Xiaomi 13 11 -2
4. Oppo 9 10 1
5. Vivo 8 8 0
6. Others (gabungan vendor smartphone lain) 28 28 0
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Canalys
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com