Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membiarkan PS5 Menyala Semalam, Bahaya atau Tidak?

Kompas.com - 24/04/2023, 08:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Bagi gamers, meninggalkan perangkat atau konsol game menyala semalaman, merupakan salah satu hal yang kerap dilakukan saat mengunduh sebuah permainan.

Faktor utamanya, tidak semua gamers memiliki internet yang "ngebut" sehingga mereka memilih untuk tidur sambil menunggu proses download game selesai.

Hal ini lebih relevan lagi untuk konsol teranyar seperti PlayStation 5 (PS5) yang memiliki sejumlah game dengan ukuran melebihi 100 GB, seperti Cyberpunk 2077 dan Assassin's Creed: Valhalla.

Lantas, apakah membiarkan konsol PS5 menyala semalaman berbahaya? Apakah ada risiko yang mengintai? Berikut penjelasannya sebagaimana dikutip KompasTekno dari SlashGear, Senin (24/4/2023).

Baca juga: Sony Gelar Promo Ramadhan, Diskon Game PS4 dan PS5 hingga 80 Persen

Konsumsi listrik naik?

Ketika PS5 tidak dimatikan dalam waktu yang lama, pengguna mungkin khawatir akan konsumsi listrik dan suhu konsol tersebut.

Soal konsumsi listrik, konsol PS5 yang sedang menjalankan game biasanya menggunakan daya 209,8 Watt.

Sementara itu, konsol PS5 hanya memanfaatkan daya 45,6 Watt ketika berada di menu beranda (Home Screen).

Agar lebih hemat, pengguna bisa memakai Rest Mode atau mode beristirahat dengan cara menekan tombol PS pada controller DualSense, memilih pengaturan Power dan Enter rest mode (memasuki mode istirahat).

Disebut lebih hemat karena Rest Mode hanya "memakan" daya 0,35 Watt ketika beristirahat dan 1,2 Watt ketika sedang mengunduh game.

Angka ini tentu berbeda jauh dengan daya yang digunakan saat menelusuri beranda atau memainkan game.

Rest Mode tidak hanya ideal digunakan untuk mengunduh game, tetapi juga untuk mengisi daya controller, menginstal pembaruan game, menyetop game secara sementara, dan masih banyak lagi.

Dengan mengaktifkan mode istirahat, pengguna sebenarnya tidak perlu lagi mematikan konsol PS5 yang dimiliki. Namun tentunya, pengguna yang ingin berhemat tetap bisa menonaktifkan PS5.

Baca juga: Gamer Indonesia Sudah Bisa Halo-halo lewat Discord di PS5

Suhu konsol bisa overheat?

Di samping konsumsi listrik, suhu konsol juga menjadi kekhawatiran yang muncul. Sebab, banyak produk elektronik memang rentan panas apabila ditinggal menyala dalam waktu yang lama.

Secara umum, konsol PS5 bisa saja kepanasan alias overheat yang ditandai dengan penurunan performa (FPS) ketika bermain game atau suara kipas yang sangat kencang.

Jika suhunya sangat parah, PS5 akan menampilkan pesan "Your PS5 is too hot" (Suhu PS5 Anda terlalu panas) dan secara otomatis akan menonaktifkan dirinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com