Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Satu Akun WhatsApp Bisa Dipakai di 4 HP Sekaligus

Kompas.com - 26/04/2023, 07:00 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - WhatsApp resmi merilis fitur yang memungkinkan pengguna mengakses akun WhatsApp yang sama dari beberapa ponsel sekaligus, hingga empat perangkat.

Fitur satu akun WhatsApp di empat HP berbeda ini sudah diluncurkan secara global dan akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa minggu ke depan. Demikian keterangan resmi WhatsApp yang diterima KompasTekno, Rabu (26/4/2023).

WhatsApp menyebut bahwa fitur ini sama halnya dengan menautkan akun WhatsApp di browser web, tablet, dan desktop.

"Setiap ponsel yang ditautkan akan terhubung ke WhatsApp secara independen, guna memastikan bahwa pesan, media, dan panggilan pribadi Anda terenkripsi secara end-to-end," tulis WhatsApp.

Baca juga: Pesan WhatsApp yang Terhapus Otomatis Kini Bisa Disimpan, tapi...

"Jika perangkat utama Anda tidak aktif selama periode yang lama, akun WhatsApp Anda akan secara otomatis keluar dari perangkat pendamping lainnya," lanjut WhatsApp.

Dengan satu akun WhatsApp yang bisa dipakai di hingga empat perangkat berbeda, pengguna dapat beralih antara beberapa ponsel, tanpa perlu keluar (logout), dan langsung melanjutkan chat terakhir dari perangkat sebelumnya.

Bagi pemilik WhatsApp Business, karyawan kini dapat langsung menjawab pesan pelanggan langsung dari ponsel mereka dengan akun WhatsApp Business yang sama.

Selain itu, WhatsApp juga tengah menyiapkan cara yang lebih mudah untuk terhubung dengan perangkat pendamping. Nantinya, pengguna tinggal memasukkan nomor HP di WhatsApp Web untuk menerima kode satu kali yang dapat digunakan di ponsel.

Baca juga: 49 HP Android dan iPhone yang Tak Bisa Pakai WhatsApp Akhir Tahun Ini

Dengan cara baru ini, pengguna tidak perlu lagi memindai kode QR untuk mengaktifkan penautan perangkat.

"Kami berharap dapat memasukkan fitur ini ke lebih banyak perangkat pendamping di masa mendatang," terang WhatsApp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com