Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Rp 2,3 Triliun Milik Warga RI Satu Kompleks dengan Pendiri Facebook

Kompas.com - 26/04/2023, 10:45 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar kabar bahwa sebuah keluarga kaya raya asal Indonesia membeli tiga rumah di kawasan mewah nan strategis, yaitu di daerah elite Nassim Road, Singapura.

Informasi pembelian rumah ini, yang masuk kategori bungalo kelas atas (Good Class Bungalow), berasal dari perusahaan real estat yang beroperasi di pasar Asia, yaitu Mingtiandi.

Menurut Mingtiandi, tiga hunian mewah tersebut, yang terletak di 42, 42A, dan 42B Nassim Road di Distrik 10, memiliki nilai transaksi mencapai 206,7 juta dollar Singapura (sekitar Rp 2,31 triliun). 

Mingtiandi tidak menyebutkan secara spesifik siapa sebenarnya keluarga asal Tanah Air yang membeli ketiga rumah tersebut. Namun, yang jelas, mereka nantinya menjadi tetangga dari salah satu pendiri Facebook, yaitu Eduardo Saverin

Pasalnya, pada 2019, Saverin dikabarkan telah membeli bungalo yang terletak di wilayah yang sama dengan tiga rumah yang dibeli konglomerat asal Indonesia tadi. Hanya saja, nomor rumahnya berbeda, yaitu nomor 33 Nassim Road.

Konon, Saverin membeli rumah seluas 84.839 kaki persegi (sekitar 8.000 meter persegi) ini dari salah satu direktur WingTai Holdings, yaitu Cheng Wai Keung, senilai 230 juta dollar Sngapura (sekitar Rp 2,56 triliun).

Nah, meski rumah konglomerat asal Indonesia dan Saverin ini berbeda 10 nomor, jarak kedua rumah mereka ternyata tak terpaut jauh. 

Berdasarkan penelusuran KompasTekno melalui layanan navigasi Google Maps, Rabu (26/4/2023), salah satu rumah milik keluarga kaya raya Indonesia tersebut, yaitu 42 Nassim Road, hanya berjarak sekitar 160 meter dengan 33 Nassim Road. 

Baca juga: Pendiri WhatsApp Beli Rumah Mewah Senilai Rp 1,8 Triliun

Ilustrasi jarak 42 Nassim Road milik konglomerat asal Indonesia dengan 33 Nassim Road yang merupakan rumah pendiri Facebook Eduardo Saverin.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi jarak 42 Nassim Road milik konglomerat asal Indonesia dengan 33 Nassim Road yang merupakan rumah pendiri Facebook Eduardo Saverin.

Sehingga, konglomerat asal Indonesia yang punya tiga rumah elite di Singapura itu bisa berjalan kaki sekitar 2 menit apabila ingin bertandang ke rumah Saverin. 

Selain Saverin, konglomerat asal Indonesia tadi juga bakal bertetangga dengan sejumlah pejabat internasional. Beberapa di antaranya konon pejabat Kedutaan Besar Arab Saudi, Filipina, Jepang, dan Rusia.

Di samping itu, keluarga kaya raya asal Indonesia ini juga kabarnya akan tinggal satu area dengan beberapa pemilik perusahaan asal Singapura.

Dua di antaranya adalah Stephen Riady (salah satu direktur di perusahaan real estat asal Singapura OUE) dan Jin Xiao Qun (istri dari pendiri perusahaan produsen material nanofilm, yaitu Nanofilm Technologies International, yang bernama Shi Xu).

Baca juga: Jalan-jalan Virtual ke Rumah Crazy Rich Indonesia Seharga Rp 2,3 T di Singapura

Akan menjadi tempat tinggal pribadi

Kembali lagi ke tiga bungalo kelas atas yang dibeli keluarga kaya raya asal Indonesia tadi, Mingtiandi menyebut bahwa rumah-rumah tersebut kemungkinan bakal dipakai sebagai tempat tinggal pribadi pembelinya.

Adapun ketiga rumah ini masing-masing berdiri di atas tanah seluas 15.131 kaki persegi (sekitar 1.400 meter persegi), di mana 1 kaki persegi tanah di sana dijual di kisaran harga 4.500 dollar Singapura (sekitar Rp 50 juta).

Jika diakumulasikan bersama rumahnya, Mingtiandi menghitung bahwa harga per unit rumah yang dibeli konglomerat asal Indonesia tadi mencapai 69 juta dollar Singapura (sekitar Rp 768 miliar) per unit rumah.

Menurut Mingtiandi, setiap rumah ini sudah dilengkapi dengan lima kamar tidur dan kolam renang.

Baca juga: Bos Sea Group Pemilik Shopee Beli Rumah Bintang NBA Rp 400 Miliar, Ini Penampakannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com