Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Persentase Baterai Earbuds Beda Kanan dan Kiri, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 01/05/2023, 19:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari belakangan di Twitter, tengah ramai perbincangan mengenai persentase baterai earbuds beda antara kanan dan kiri. Perbincangan ini bermula dari twit yang diunggah lewat akun base dengan handle @tanyakanrl.

Baca juga: Ramai soal WhatsApp Web Masih Bisa Diakses di Laptop meski HP Mati, Benarkah Demikian?

Pada twit yang tertera di atas itu, pengirim bingung lantaran earbuds miliknya punya persentase baterai yang berbeda. Persentase baterai buds bagian kanan 60 persen, sedangkan kiri 10 persen.

Padahal, pengirim mengaku memakai dua buah buds tersebut secara berbarengan. Sebagai informasi, earbuds merupakan perangkat audio pada telinga yang disambungkan ke perangkat melalui koneksi bluetooth.

Melihat keramaian perbincangan ini, lantas kenapa persentase baterai earbuds beda bisa terjadi? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai penyebab persentase baterai earbuds beda.

Penyebab persentase baterai earbuds beda

Earbuds terdiri dari dua buah buds yang masing-masing dibekali baterai. Baterai buds tersebut bisa diisi ulang dayanya apabila habis dengan memasukkan ke wadah earbuds. Persentase baterai earbuds bisa dipantau melalui perangkat.

Saat earbuds telah terhubung dengan perangkat lain seperti ponsel atau laptop, informasi persentase dayanya bakal bisa dilihat di layar perangkat itu. Informasi persentase baterai earbuds antara kanan dan kiri yang tampil di perangkat mungkin dapat berbeda.

Dikutip dari Samsung.com, persentase baterai earbuds beda tidak serta merta mengindikasikan kerusakan. Secara umum, terdapat dua penyebab persentase baterai earbuds beda antara kanan dan kiri.

Pertama, salah satu buds (bisa kanan atau kiri) dari earbuds bisa beroperasi sebagai perangkat atau buds utama untuk mengakses berbagai fitur, misal buat memutar atau menjeda audio dan mengatur volume audio.

Buds yang menjadi buds utama bisa mengonsumsi atau menghabiskan baterai lebih cepat ketimbang buds yang lain, meski keduanya dipakai secara bersamaan. Buds utama dapat berganti antara kanan atau kiri, bergantung dari kebiasaan penggunaan.

Kemudian, penyebab persentase baterai earbuds beda kanan dan kiri bisa juga dikarenakan oleh kebiasaan menggunakan satu sisi buds saja. Jika pengguna biasa memakai satu buds maka hanya buds tersebutlah yang mengonsumsi daya, sedangkan buds yang lain tidak.

Baca juga: Apa Itu Konten “Thrifting” yang Ramai di Medsos dan Dilarang Pemerintah?

Dari kedua faktor itu, persentase baterai earbuds beda antara kanan dan kiri dapat terjadi karena dipengaruhi bagaimana cara pengguna memakainya. Demikianlah penjelasan seputar penyebab persentase baterai earbuds beda kanan dan kiri, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com