Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Wujud Samsung Galaxy Z Flip 5, Layar Sekunder Berbeda dari Sebelumnya?

Kompas.com - 02/05/2023, 09:10 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung kabarnyaakan segera merilis ponsel lipat generasi terbarunya, yang konon akan bernama Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5.

Seperti biasa, sebelum peluncuran, beragam bocoran spesifikasi hingga desain merebak di dunia maya. Paling baru adalah soal desain Galaxy Z Flip 5 yang kabarnya bakal membawa layar sekunder yang berbeda dari pada pendahulunya.

Seperti diketahui, Galaxy Z Flip 5 memiliki layar utama dan layar sekunder "mungil" di bagian cover (punggung). Nah, menurut bocoran terbaru, layar sekunder itu nantinya tak lagi mungil.

Menurut bocoran pembuat render perangkat kenamaan, OnLeaks yang berkolaborasi dengan Media Peanut, Galaxy Z Flip 5 kabarnya akan mengusung desain layar sekunder yang berukuran lebih besar dan nyaris memenuhi setengah bodi belakang.

Baca juga: Samsung Ubah Tradisi Kelahiran Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5?

Bocoran hasil render ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 5 yang diumbar oleh OnLeaksOnLeaks Bocoran hasil render ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 5 yang diumbar oleh OnLeaks

Layar sekunder itu disebut memiliki ukuran seluas 3,4 inci. Ukuran tersebut hampir dua kali lipat lebih besar dari Galaxy Z Flip 4. Sebagai perbandingan, layar sekunder pendahulunya hanya seluas 1,9 inci.

Adanya perubahan layar sekunder tersebut juga mendorong spekulasi baru. Kemungkinan, Samsung akan melakukan penyesuaian baru terhadap tata letak dari kamera belakangnya.

Sebab, kamera belakang tidak lagi diletakkan di dalam modul bersamaan dengan layar sekunder, seperti di Galaxy Z Flip 4. Kamera tersebut justru terlihat dibenamkan langsung ke cangkang dan diposisikan secara horizontal, disertai lampu kilat LED.

Beralih ke bocoran lain, hasil render tersebut juga menunjukkan perangkat bakal memiliki bingkai samping dan model engsel yang lebih rata ketimbang sebelumnya untuk mengurangi celah lipatan.

Namun, mekanisme lipatannya masih sama, yakni lipatan clamshell atau dibuka-tutup secara vertikal, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (2/5/2023).

Baca juga: Bisnis Ponsel Samsung Moncer Berkat Galaxy S23 Series

Selain layar sekunder dan tata letak kamera belakang, desain bodi secara keseluruhan tampaknya tidak berubah signifikan.

Selain bocoran di atas, juga muncul rumor lain yang membahas layar sekunder Galaxy Z Flip 5. Informasi tersebut diungkap oleh pembocor gadget kenamaan, Ice Universe, di Twitter.

Walau sama-sama memprediksi hal serupa, tampilan layar depan yang diungkap Ice Universe berbeda dengan OnLeaks. Dalam unggahannya, tipster itu menyebut ponsel lipat Samsung bakal mempunyai layar sekunder yang besar, mirip Oppo Find N2 Flip.

Gambar render yang diunggah menampilkan layar Galaxy Z Flip 5 bukan diposisikan secara horizontal, melainkan vertikal. Kemudian, di sisi samping layar, terdapat dua kamera belakang tanpa modul yang diposisikan secara vertikal juga.

Smartphone lipat ini disebut-sebut akan diotaki chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang dipadu dengan ruang penyimpanan seluas 128 GB, 256 GB, hingga 512 GB.

Kendati begitu, hasil render dan spesifikasi perangkat masih bersifat bocoran dan dapat berubah sewaktu-waktu di masa mendatang, ketika sudah diluncurkan secara resmi.

Kabarnya, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 akan meluncur antara tanggal 25-27 Juli 2023 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com