Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dulu Puji Elon Musk, Pendiri Twitter Kini Malah Lempar Kritikan Pedas

Kompas.com - 02/05/2023, 19:30 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pendiri Twitter, Jack Dorsey seolah menarik omongannya sendiri soal Elon Musk yang kini menjadi pemilik sekaligus pemimpin Twitter. Dorsey, yang dulu sempat memuji Elon Musk di awal rencana akuisisi Twitter, kini justru melempar kritikan pedas.

Ketika ditanya apakah Musk sudah menjadi pemimpin yang baik bagi Twitter, Dorsey menjawab dengan datar.

"Tidak. Saya pikir dia tidak bertindak tepat setelah menyadari waktunya juga tidak tepat," katanya di platform Bluesky, jejaring sosial baru yang dibuat Dorsey.

Menurut Dorsey, Musk seharusnya mengurungkan rencananya mengakuisisi Twitter tahun lalu.
Dia juga menyalahkan direksi Twitter yang menurutnya, mencoba memaksa Musk untuk tetap melanjutkan akuisisi yang sudah direncanakan.

"Saya juga berpikir, dewan direksi seharusnya tidak memaksakan penjualan (Twitter ke Elon Musk)," imbuhnya, dihimpun dari Tech Crunch.

Baca juga: Elon Musk PHK Ribuan Karyawan, Pendiri Twitter yang Minta Maaf

Sedikit mengingat ke belakang, Musk memang sempat ingin membatalkan akuisisi Twitter setelah mengumumkan rencana tersebut. Alasannya, dia menganggap Twitter "tidak transparan" dan banyak melanggar aturan selama proses negosiasi.

Adapun hal yang dianggap "tidak transparan" menurut Musk adalah terkait pernyataan jumlah akun robot (bot) dan akun palsu (spam) yang merajalela di Twitter.

Setelah mengumumkan pembatalan akuisisi, Twitter lantas mengatakan akan menuntut Musk dan berupaya agar proses pembelian tetap berlangsung sesuai rencana awal.

Hingga akhirnya, Elon Musk melanjutkan proses akuisisi dan sah menjadi pemilik Twitter pada akhir Oktober 2022. Sejak menjadi pemilik Twitter, Musk membuat beberapa kebijakan yang cukup kontroversial.

Mulai dari memecat CEO Twitter sebelumnya, Parag Agrawal, melakukan PHK massal berkali-kali, hingga mengubah beberapa kebijakan produk, seperti centang biru yang kini berbayar.

Dorsey pun buka suara soal rentetan kontorversi yang dibuat Musk di Twitter itu.

"Semuanya memburuk. Namun, sudah terjadi dan yang bisa kita lakukan sekarang adalah membuat sesuatu untuk mencegahnya terjadi lagi," kata Dorsey, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNN, Senin (2/5/2023).

Baca juga: Centang Biru Hilang dari Akun-akun Twitter di Indonesia

Sempat memuji Musk

Kritik Dorsey terhadap Musk seolah bertolak belakang dengan pernyataannya tahun lalu.
Saat Musk mengumumkan rencana akuisisi Twitter, Dorsey sempat menyebut bahwa Musk adalah orang yang "tepat" untuk membereskan masalah di Twitter.

Dorsey mengatakan, Twitter sebenarnya tidak harus dimiliki atau dijalankan oleh pihak manapun. Sebab, media sosial tersebut, awalnya ingin menjadi sebuah "infrastruktur" yang berjalan secara global di dalam sebuah sistem, bukan sebuah perusahaan.

"Dengan begitu, solusi satu-satunya yang saya percaya untuk menyelesaikan masalah ini adalah Elon. Saya percaya misi yang dia punya bisa membawa Twitter ke arah yang lebih baik," jelas Dorsey.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com