Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Android Go Xiaomi Redmi A2 Meluncur 5 Mei di Indonesia

Kompas.com - 03/05/2023, 09:15 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah resmi diperkenalkan secara global pada Maret lalu, Xiaomi Redmi A2 dipastikan bakal datang ke Indonesia pada 5 Mei 2023.

Informasi kehadiran smartphone dengan sistem operasi Android Go tersebut disampaikan langsung oleh Xiaomi Indonesia dalam unggahannya di Twitter dengan handles @XiaomiIndonesia, Selasa (2/5/2023). 

Redmi A2 segera hadir buat kamu semua! Penasaran nggak? Tunggu tanggal 5 Mei 2023 ya,” tulis Xiaomi Indonesia.

Twit tersebut juga menyertakan poster dari Redmi A2 yang bakal dirilis di Indonesia. Terdapat dua varian warna yang ditawarkan, yakni Hitam dan Biru. Berbeda dengan varian global yang datang dengan tiga warna, yakni Hitam, Biru, dan Hijau.

Baca juga: Xiaomi Diam-diam Rilis Redmi A2 dan Redmi A2 Plus

Selain warna, Xiaomi belum mengumbar spesifikasi unggulan yang dimiliki Redmi A2. Hanya tertulis “Performa lancar dan memori besar”.

Lalu, jika dibandingkan dari desain dan tampilan, ponsel entry level baru ini tidak jauh berbeda dengan versi globalnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya menilik spesifikasi Redmi A2 versi global untuk dijadikan gambaran, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari laman resmi Mi.com, Rabu (3/5/2023).

Spesifikasi Redmi A2 versi global

ilustrasi Redmi A2 dan Redmi A2 PlusGSMArena ilustrasi Redmi A2 dan Redmi A2 Plus
Redmi A2 versi global memiliki bodi berukuran 164,9 mm (tinggi) x 76,75 mm (lebar) x 9,09 (tebal) mm dan bobot 192 gram.

Redmi A2 hadir dengan layar IPS LCD berdiagonal 6.52 inci yang menawarkan resolusi HD Plus (1.600 x 720 piksel). Layar perangkat memiliki refresh rate 60 Hz, rasio layar 20:9, dan dibekali fitur Night Light.

Layar dihiasi poni menyerupai tetesan air (waterdrop) untuk menampung kamera depan (selfie) beresolusi 5 MP. Untuk kamera belakangnya sendiri terdiri dari kamera utama 8 MP (f/2.0) dan lensa QVGA. Keduanya ditemani lampu kilat LED berbentuk pil.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 12R Pro Resmi, RAM 12 GB Harga Rp 4 Jutaan

Di sektor dapur pacu, Redmi A2 ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G36 yang menawarkan clockspeed 2,2 GHz. Chipset dipadu dengan dua opsi RAM dan satu kapasitas penyimpanan, yaitu 2/32 GB dan 3/32 GB.

Bila dirasa kurang, ruang penyimpanan ini bisa diperluas hingga 1 TB melalui slot microSD yang tersedia.

Redmi A2 ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh dan mendukung fast charging 10 watt. Pengisian daya bisa dilakukan melalui slot microUSB yang tersedia.

Dari klaim perusahaan, baterai dapat bertahan selama 28 jam untuk panggilan suara atau 19 jam panggilan video (video call) dengan kondisi baterai terisi penuh.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 12 versi Go Edition. Fitur pendukung lainnya adalah konektivitas 4G, Wi-Fi, Bluetooth 5.0, dual-SIM, GPS, colokan jack audio 3,5 mm, RAM Extension hingga 2 GB, dan jaminan pembaruan keamanan (update) hingga 2 tahun.

Harga Redmi A2 versi global

Xiaomi juga belum mengumbar harga resmi dari Redmi A2 versi global. Konon, Redmi A2 dibanderol mulai dari harga 97 euro atau setara dengan Rp 1,5 jutaan.

Mengingat harga yang dipaparkan mengikuti versi global, kemungkinan besar akan ada perbedaan harga saat dirilis di Indonesia. Jadi, kita nantikan saja saat perilisan resminya nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com