Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Ukraina Pakai Konsol Steam Deck untuk Alat Perang

Kompas.com - 04/05/2023, 10:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber PCGamer

KOMPAS.com - Konsol game handheld Steam Deck diketahui memiliki beragam fungsi selain untuk bermain game, seperti menjalankan software pengolah kata atau gambar.

Rupanya, konsol besutan Valve ini berfungsi untuk hal tak terduga di tangan tentara Ukraina. Mereka justru menggunakan Steam Deck sebagai alat perang.

Dalam sebuah foto dan video yang dibagikan media Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina (TDF), TRO Media di Facebook serta Instagram, terlihat para tentara bereksperiman dengan mengoperasikan Steam Deck untuk mengontrol turet senapan dari jarak jauh.

ilustrasi tentara menggunakan Steam Deck untuk mengontrol turet senapanTRO Media ilustrasi tentara menggunakan Steam Deck untuk mengontrol turet senapan
Bak bermain game, turet senapan bakal berputar ke kiri dan kanan jika tentara menyentuh tombol analog pada bagian kanan Steam Deck.

Baca juga: Asus Umumkan ROG Ally, Konsol Game Windows Pesaing Steam Deck

Turet senapan juga akan menembakkan peluru, walaupun video tersebut tidak menunjukkan tombol apa yang harus ditekan untuk melakukan hal itu.

Menurut deskripsi postingan TRO Media di Instagram, set-up persenjataan ini merupakan kombinasi dari turet senapan bernama "Shablya", panel kontrol, kamera, serta monitor.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh ??? ????? (@tro.media.news)

Shablya merupakan turet dengan fitur pencitraan termal dan pengukur jarak elektronik. Turet ini mampu menampung beragam senjata, seperti senapan mesin dan peluncur granat.

Turet ini dipasang di pos pemeriksaan dan perbatasan lainnya untuk sejumlah tujuan, misalnya menembak jatuh drone musuh yang terbang rendah.

Postingan tersebut memang sama sekali tidak menyinggung nama Steam Deck, meskipun foto dan video yang beredar secara jelas menunjukkan penggunaan konsol portabel itu sebagai alat kontrol turet senapan.

Bahkan, konsol tersebut tampak memiliki tampilan antarmuka (UI) yang sudah dimodifikasi untuk mengontrol turet senapan, lengkap dengan tombol-tombolnya.

ilustrasi tampilan antarmuka kontrol turet senapan di Steam DeckTRO Media ilustrasi tampilan antarmuka kontrol turet senapan di Steam Deck
Tentara tampaknya juga bisa melihat sudut pandang turet senapan itu ala game Tom Clancy's Rainbow Six Siege.

Nah, kombinasi panel kontrol, kamera, dan monitor pada akhirnya memungkinkan tentara untuk mengoperasikan turet senapan hingga 500 meter dari lokasi instalasi senjata. Sehingga, keselamatan tentara tetap terjamin jika musuh menghancurkan turet itu.

Alasan tentara Ukraina pakai Steam Deck

Menurut Aric Toler selaku peneliti dari situs investigasi Bellingcat, terdapat empat alasan utama mengapa tentara Ukraina memanfaatkan Steam Deck sebagai alat perang.

Pertama, Steam Deck menggunakan sistem operasi (OS) SteamOS 3.0 berbasis Arch Linux.

Karena berbasis Linux yang bersifat open source, Steam Deck menawarkan kebebasan bagi penggunanya yang ingin bereksperimen, misalnya saja menginstal sistem operasi Windows atau mengunduh VLC media player untuk menonton film.

Baca juga: Main Game PC di Konsol Portable Steam Deck, Apakah Lancar?

Halaman:
Sumber PCGamer
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com