Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Lipat Oppo Find N2 Flip Ternyata Dirakit di Tangerang, Begini Prosesnya

Kompas.com - 05/05/2023, 10:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Oppo Indonesia memastikan bahwa ponsel lipat (foldable phone) terbarunya, Oppo Find N2 Flip akan menyambangi Tanah Air.

Smartphone flagship itu diproduksi langsung di pabrik Oppo Manufacturing Indonesia, tepatnya di  Jl. Bayur, Periuk, Kota Tangerang, Banten.

Ini adalah pertama kalinya pabrik Oppo di Indonesia merakit ponsel flagship secara lokal. Sebelumnya, pabrik itu sendiri dimanfaatkan untuk menggarap berbagai lini ponsel Oppo, mulai dari A Series hingga Reno Series.

Dengan adanya sejumlah peningkatan seperti penambahan mesin baru, pembuatan ponsel kelas atas seperti Oppo Find N2 Flip dapat dilakukan.

Oppo Indonesia pun mengundang awak media pada Kamis (4/5/2023) untuk melihat secara langsung proses produksi Oppo Find N2 Flip di pabrik teranyarnya.

Baca juga: Naik Level, Pabrik Oppo di Tangerang Kini Rakit HP Flagship

KompasTekno pun berkesempatan menjelajahi pabrik Oppo tersebut dan menyambangi Production Line, Packing, dan Quality Control Lab.

Dalam ruangan Production Line ini terlihat lini produksi Oppo Find N2 Flip yang sekilas mirip seperti lini produksi jajaran ponsel lainnya, seperti Oppo A77s.

Sebab, ruangan tersebut memuat jalur produksi panjang dengan puluhan operator yang memiliki jobdesk-nya masing-masing, mulai dari perakitan motherboard hingga kamera.

Jalur produksi Oppo Find N2 Flip di pabrik Oppo di Tangerang.Oppo Indonesia Jalur produksi Oppo Find N2 Flip di pabrik Oppo di Tangerang.
Jalur produksi ini juga sama-sama dilengkapi conveyor belt untuk mengoper ponsel yang sudah dirakit.

Ada pula mesin yang digunakan untuk mengerjakan tugas yang tidak bisa dilakukan oleh manusia, seperti pemasangan sistem operasi (OS).

Nah, perbedaannya terletak pada dua mesin baru yang dimiliki lini produksi Oppo Find N2 Flip.

Pertama, terdapat mesin humidity khusus alias ruang steril untuk pemasangan lensa yang dirakit di Indonesia menjadi modul kamera.

Ruangan berbentuk persegi panjang vertikal ini memuat satu operator saja dan dilengkapi mesin humidifier di bagian bawah meja operasi serta mesin penyerap debu di bagian atap ruang.

Dengan demikian, operator bisa mencegah dan meminimalisasi partikel serta kotoran berkumpul dalam komponen smartphone, seperti lensa kamera.

Kedua, lini produksi tersebut juga memiliki mesin khusus bernama mesin "degassing" untuk pemasangan antigores layar ponsel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com