Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transfer Chat WhatsApp ke Sesama iPhone Tak Perlu Lagi "Backup" di iCloud?

Kompas.com - 05/05/2023, 11:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp bakal membuat pengguna iPhone lebih mudah dan praktis ketika memindahkan riwayat obrolannya.

Menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp sedang menguji fitur baru bernama "Transfer Chats to iPhone". Fitur tersebut memungkinkan pengguna iPhone memindahkan riwayat chat (chat history) ke iPhone baru, tanpa perlu mencadangkan riwayat chat ke iCloud terlebih dahulu.

Fitur transfer chat history iPhone tanpa iCloud ini dilaporkan mulai bisa dijajal oleh pengguna WhatsApp beta versi 23.9.0.72 di perangkat iPhone. Bagi pengguna yang sudah kebagian, fitur Transfer Chats to iPhone dapat ditemukan di "Settings" > "Chats" > "Transfer Chats to iPhone".

Baca juga: WhatsApp Perbaiki Anehnya Fitur Polling di Grup Percakapan

Tampilan fitur baru whatsapp bernama Transfer Chats to iPhone. Fitur ini memungkinkan pengguna iPhone mentransfer chat history ke iPhone baru, tanpa perlu backup chat ke iCloud.WABetaInfo Tampilan fitur baru whatsapp bernama Transfer Chats to iPhone. Fitur ini memungkinkan pengguna iPhone mentransfer chat history ke iPhone baru, tanpa perlu backup chat ke iCloud.
Nanti, pengguna bakal dialihkan ke jendela "Move Chats" (pindahkan chat). Klik "start" untuk memulai proses transfer riwayat chat ke perangkat iPhone baru.

Menurut laporan WABetaInfo, di perangkat iPhone baru, pengguna hanya perlu men-download WhatsApp. Kemudian mendaftar dengan nomor yang sama dengan sebelumnya. Nanti, WhatsApp di iPhone baru akan menampilkan kode QR.

Pindai atau scan kode QR itu dengan iPhone lawas pengguna. Pengguna tinggal menunggu proses migrasi selesai, kemudian bisa menggunakan WhatsApp seperti biasa di iPhone barunya

Fitur Transfer chats to iPhone yang baru ini bakal sangat berguna dan memudahkan pengguna iPhone memindahkan riwayar chat ke ponsel barunya. Terutama bagi pengguna iPhone yang memiliki kapasitas penyimpanan iCloud yang terbatas.

Baca juga: Ini Alasan Pebisnis Wajib Gunakan WhatsApp Business API

Sebab selama ini, pengguna memang harus mencadangkan (backup) chat WhatsApp lewat iCloud. Selanjutnya, pengguna baru bisa mengimpor backup chat WhatsApp di iCloud itu di iPhone yang baru.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Jumat (5/5/2023), WhatsApp juga tengah menguji fitur transfer chat tanpa Google Drive yang serupa untuk pengguna Android.

Belum ada informasi kapan fitur Transfer chats to iPhone/Android tanpa iCloud/Google Drive ini bakal dirilis ke seluruh pengguna. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com