Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Oprek" Engsel Oppo Find N2 Flip di Pabriknya Langsung, Secanggih Apa?

Kompas.com - 05/05/2023, 18:06 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Oppo tengah bersiap meluncurkan ponsel lipat (foldable phone) terbarunya, Oppo Find N2 Flip di Indonesia dalam waktu yang dekat. Salah satu yang diunggulkan Oppo Find N2 Flip adalah bagian engsel (hinge).

Pasalnya, Oppo menyematkan teknologi engsel terbaru bernama "New Generation Flexion Hinge". Teknologi yang tersemat di Oppo Find N2 Flip ini diproduksi di pabrik Oppo Indonesia yang diklaim berstandar internasional.

Teknologi engsel generasi terbaru itu diklaim mampu membuat desain Oppo Find N2 Flip disebut menjadi lebih compact dibanding Flexion Hinge Oppo versi lawas yang digunakan pada ponsel lipat Oppo Find N.

Selain compact, teknologi New Generation Flexion Hinge juga diklaim mampu menyembunyikan bekas lipatan pada layar Find N2 Flip dengan baik. Saat lipatan ponsel terbuka, engsel Find N2 Flip memiliki kedalaman lipatan 0,11 mm dan sudut lipatan 1,29 derajat.

Baca juga: HP Lipat Oppo Find N2 Flip Ternyata Dirakit di Tangerang, Begini Prosesnya

Oppo mengeklaim bahwa lipatan ini lebih dangkal dan bahkan hampir tersembunyi jika dibandingkan smartphone lipat sejenis milik kompetitor. Kendati demikian, lipatan ini masih agak terasa.

Engsel ini juga memiliki FlexForm Mode yang berfungsi ketika pengguna memilih sudut pengambilan gambar atau video. Engsel ini juga minim celah, sehingga mengurangi masuknya debu ke lekukan bodi smartphone. Engsel ini juga disebut telah mengantongi sertifikasi uji ketahanan dari TÜV Rheinland.

Dengan sertifikasi itu, Oppo mengeklaim Find N2 Flip bisa dibuka tutup hingga 400.000 kali.

Artinya, apabila pengguna membuka tutup ponsel ini sebanyak 100 kali sehari, engsel Find N2 Flip masih akan kuat hingga penggunaan 10 tahun (sekitar 365.000 kali buka tutup).

Menilik langsung teknologi engsel terbaru di pabrik Oppo

engsel terbaru Oppo di bawah ponsel Find N2 Flip yang sudah dibongkarKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy engsel terbaru Oppo di bawah ponsel Find N2 Flip yang sudah dibongkar

KompasTekno berkesempatan melihat langsung perakitan engsel terbaru Find N2 Flip di pabrik Oppo yang berlokasi di Jl. Bayur, Periuk, Kota Tangerang, Banten, Kamis (4/5/2023).

Dalam kunjungan itu, Oppo Indonesia sempat mendemonstrasikan teknologi New Flexion Hinge untuk ponsel lipat Find N2 Flip.

Engsel yang berukuran kurang lebih sejari telunjuk ini berwarna hitam putih dan bisa dibuka tutup.

Baca juga: Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip Bisa Dibuka Tutup 400.000 Kali

Penampakan engsel terbaru Oppo yang disematkan pada ponsel lipat Oppo Find N2 Flip yang didemonstrasikan Oppo Indonesia di pabriknya yang berlokasi di Jl. Bayur, Periuk, Kota Tangerang, Banten, Kamis (4/5/2023).KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Penampakan engsel terbaru Oppo yang disematkan pada ponsel lipat Oppo Find N2 Flip yang didemonstrasikan Oppo Indonesia di pabriknya yang berlokasi di Jl. Bayur, Periuk, Kota Tangerang, Banten, Kamis (4/5/2023).

Saat dibuka-tutup, New Flexion Hinge tersebut tampak cukup keras. Hal ini disebut merupakan suatu kewajaran.

Akan tetapi, menurut Oppo Indonesia, ketika nantinya dirakit dengan layar, proses buka tutup Oppo Find N2 Flip akan menjadi sangat ringan.

Oppo mengeklaim bahwa berat engsel tersebut sudah dipertimbangkan. Sebab, engsel yang terlalu berat tentunya akan membuat ponsel sulit untuk dibuka.

Dengan pertimbangan ini, smartphone Find N2 Flip dipastikan akan memberikan kenyamanan untuk setiap penggunanya ketika lipatan dibuka dan ditutup.

Kapan Oppo Find N2 Flip dirilis?

Oppo belum mengumumkan kapan Find N2 Flip akan dirilis di Indonesia. Namun Konsumen sudah bisa mengikuti program Early Pre-order pada 1 April - 9 Mei 2023 di situs resmi Oppo.com.

Dalam periode ini, konsumen bisa mengeluarkan uang Rp 1 juta untuk mengamankan slot pemesanan Oppo Find N2 Flip ketika resmi meluncur dan dipesan di Indonesia nanti.

Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan beberapa benefit menarik seperti Portable PU Case dan Oppo Premium Service senilai total Rp 4 juta. Informasi selengkapnya mengenai program Early Pre-order Oppo Find N2 Flip ini bisa disimak di tautan berikut ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com