Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden Bendera Merah Putih Terbalik, Warganet Indonesia Serbu Akun Instagram SEA Games 2023 Kamboja

Kompas.com - 06/05/2023, 11:51 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja diwarnai insiden bendera Indonesia terbalik.

Insiden ini terjadi dalam acara pre-show opening ceremony atau pertunjukan jelang pembukaan gelaran akbar yang diselenggarakan di Stadion MorodokTecho, Phnom Penh, Kamboja.

Acara ini disiarkan langsung di akun YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia, Jumat (5/5/2023).

Melansir Antara News, bendera dari 11 negara peserta SEA Games 2023 termasuk Indonesia, dikibarkan oleh penari, sembari mengiringi lagu yang dibawakan oleh penyanyi lokal. Sayangnya bendera Indonesia tampak berkibar dalam posisi terbalik.

Baca juga: Jadwal dan Cara Menonton Cabor E-Sports Mobile Legends di SEA Games 2023

Warna bendera Indonesia yang seharusnya merah dan putih dari atas ke bawah, justru dipasang dalam posisi warna putih di atas dan merah di bawah.

Bendera Indonesia dikibarkan terbalik saat pre-show opening ceremony SEA Games 2023 di Stadion Morodok, Techo, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (5/5/2023).Tangkapan Layar YouTube Press OCM Bendera Indonesia dikibarkan terbalik saat pre-show opening ceremony SEA Games 2023 di Stadion Morodok, Techo, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (5/5/2023).

Akibat insiden ini, warganet Indonesia menyerbu akun resmi SEA Games 2023 dengan handle Cambodia_2023 di Instagram dan Cambodia 2023 di Facebook

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by cambodia2023 (@cambodia_2023)

Mereka mengeluhkan terjadinya insiden itu, dan menilai panitia terkait lalai. Apalagi, semua bendera Indonesia yang dibawa penari dalam kesempatan itu dikibarkan dalam kondisi terbalik.

Beberapa warganet pun menduga ada unsur kesengajaan dalam insiden ini. Sebab, acara sebesar SEA Games, pasti melibatkan banyak panitia yang telah melakukan persiapan matang.

"Kok bisa bendera Indonesia kebalik? Panitianya kayaknya sengaja," komentar salah satu warganet dengan handle @alnaserindonesia.

"Padahal bendera Indonesia paling simpel, mudah diingat. Masih aja sering kebalik, bahkan setiap event SEA Games ada saja kejadian kayak gini," timpal warganet lain dengan handle @putrioktavioni.

Warganet yang menyerbu akun Instagram SEA Games 2023 juga menuntut klarifikasi dari pihak penyelenggara, tak lama setelah insiden bendera Indonesia terbalik berlangsung.

Adapun warganet lainnya termasuk akun ber-handle @arryanto.real menyayangkan insiden bendera Indonesia terbalik untuk kedua kalinya dalam ajang SEA Games. Pasalnya, insiden yang sama juga terjadi tahun 2017, ketika SEA Games digelar di Malaysia.

Baca juga: Jadwal dan Format Pertandingan Cabor E-sports PUBG Mobile di SEA Games 2023

Sementara itu di Facebook, sejumlah warganet menyerbu akun resmi SEA Games 2023 dengan gambar bendera Kamboja terbalik sebagai bentuk kekecewaan.

Pantauan KompasTekno, Sabtu (6/5/2023), postingan terbaru di Instagram maupun Facebook SEA Games 2023 masih diserbu oleh warganet. Mereka bahkan mengajak warganet lainnya untuk melaporkan akun itu dengan mengklik menu tiga titik dan pilih opsi "Report".

Kamboja minta maaf

Terlepas dari kegaduhan tersebut, pihak penyelenggara SEA Games 2023 di Kamboja sudah melayangkan pernyataan sebagai bentuk permintaan maaf.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com