Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal 4G dan 5G Telkomsel Siap Dukung KTT ASEAN di Labuan Bajo

Kompas.com - 07/05/2023, 17:43 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Telkomsel memastikan jaringan broadband 4G dan 5G-nya siap mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang akan berlangsung pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Telkomsel telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas konektivitas di 16 area sekitar Kawasan Labuan Bajo yang mencakup area bandara, sejumlah penginapan, media center, lokasi acara utama di Hotel Meruorah.

Selain itu ada pula 5 titik di jalur utama sepanjang Labuan Bajo dan Golo Mori. Para tamu negara, delegasi, dan panitia dapat menikmati jaringan broadband yang didukung oleh 358 BTS 4G/LTE Telkomsel di seluruh Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga: Telkomsel Jadi Operator Seluler Paling Kencang di Indonesia Versi Ookla

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan bahwa Telkomsel berkomitmen untuk hadir terdepan berkontribusi mendukung kelancaran pelaksanaan seluruh rangkaian forum internasional KTT ASEAN 2023 tersebut.

"Kami berharap dukungan Telkomsel dalam kelancaran forum internasional ini dapat memperkuat peran Indonesia sebagai penggerak yang terus membuka peluang strategis menuju masa depan Kawasan Asia Tenggara yang lebih baik," ujar Hendri.

Peningkatan cakupan jaringan di Kawasan ITDC Golo Mori dan sekitarnya juga telah dilakukan Telkomsel dengan mengoperasikan 10 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan 24 unit BTS tambahan yang mana 6 unit BTS di antaranya adalah BTS 5G.

Untuk sejumlah pertemuan yang akan berlangsung di atas kapal Phinisi, termasuk KM Sinabung yang akan dijadikan penginapan sementara awak media asing, optimalisasi jaringan juga dilakukan di seluruh BTS di sepanjang jalur laut antara Labuan Bajo dan Pulau Rinca.

Baca juga: Trafik Broadband Telkomsel Naik 11 Persen Saat Lebaran 2023

Selain itu, instalasi Telkomsel Orbit pun telah dilakukan di dalam kapal dan tambahan COMBAT disiagakan di Pulau Rinca.

Telkomsel juga telah menyiapkan sejumlah Kartu Prabayar Tourist Edisi KTT ASEAN 2023 dengan kuota data hingga 100 GB yang akan didistribusikan kepada para tamu negara, delegasi, hingga panitia dari 11 negara anggota ASEAN.

Di samping itu, 10 titik layanan Telkomsel juga telah digelar di Kawasan Bandara Komodo, sejumlah penginapan, media center, hingga GraPARI Marina yang berlokasi di dekat Hotel Meruorah sebagai venue acara utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com