Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Memperbaiki Layar HP Bergaris

Kompas.com - 08/05/2023, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pemilik ponsel keluarga model lama mungkin tak asing dengan berbagai masalah yang terjadi di bagian hardware. Salah satunya bagian layar yang tiba-tiba mengalami gangguan. Mulai dari layar tiba-tiba hitam atau blank hingga muncul garis vertikal atau horizontal.

Salah satu penyebab munculnya garis di layar HP ini biasanya disebabkan oleh beragam, seperti kesalahan pada komponen perangkat keras atau software yang rusak. Untuk memperbaikinya biasanya pengguna dapat langsung menuju service center produsen ponsel.

Namun sebelum mengantarkannya menuju service center, cobalah memperbaikinya dengan cara sederhana dan mudah berikut ini.

Baca juga: Penyebab Layar HP Tiba-tiba Jadi Berwarna Ungu dan Cara Mengatasinya

Restart ponsel

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan restart ponsel. Restart ponsel akan memperbaiki berbagai gangguan kecil yang terjadi di HP Android Anda. Setelah memulai ulang ponsel aktifkan safe mode.

Dengan mengaktifkan safe mode, perangkat akan memeriksa apakah terdapat aplikasi tertentu yang menyebabkan masalah pada sistem operasi hingga menyebabkan layar bergaris.

Mengisi daya ponsel

Dilansir dari laman Android Data Recovery, cara mengatasi layar HP bergaris dapat dilakukan dengan cara mengisi daya ponsel secara full. Anda bisa mencoba mengecas ponsel hingga penuh.

Tekan layar

Salah satu penyebab layar HP bergaris bisa jadi karena ponsel terkena benturan atau jatuh. Cobalah untuk menekan bagian garis dengan satu jari secara perlahan dan lembut. Tekan perlahan agar perangkat tidak semakin rusak.

Memperbaiki sistem operasi

Penyebab lain layar muncul garis vertikal juga bisa jadi karena sistem operasi ponsel Android yang berada di versi lama. Solusinya adalah dengan mengunduh versi OS terbaru. Pada ponsel Android seperti Xiaomi Anda dapat memperbaru MIUI seperti pada langkah-langkah di artikel berikut ini.

Factory Reset

Factory reset atau reset pabrik diklaim mampu mengatasi berbagai error. Salah satunya error karena software yang rusak dan menyebabkan layar bergaris. Kendati demikian cara ini tidak dianjurkan.

Hal ini akan membuat data-data Anda seluruhnya hilang. Apabila Anda ingin mencoba melakukannya maka terlebih dahulu melakukan pencadangan seluruh data Anda. 

Baca juga: Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri atau “Ghost Touch”

Apabila beberapa cara di atas telah Anda coba dan tidak mengalami perubahan maka Anda dapat segera menuju service center untuk penanganan lebih lanjut. Demikian beberapa cara memperbaiki layar HP bergaris. Semoga bermanfaat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com