Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Folder Baru di Laptop Windows 10

Kompas.com - 09/05/2023, 11:29 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Menyimpan berbagai file di laptop dengan kategori yang bermacam-macam memang harus teliti dan rapi. Pasalnya ratusan hingga ribuan file yang tersimpan apabila tidak terorganisir dengan baik tentu Anda akan susah mencarinya. 

Maka dari itu agar seluruh file dapat tersimpan dengan rapi dan tidak mudah hilang, Anda dapat mengklasifikasikannya di folder tertentu. Folder atau biasa disebut dengan direktori merupakan ruang yang digunakan untuk menyimpan file, aplikasi, atau pintasan tertentu di komputer.

Di dalam folder utama Anda bisa membuat sub-folder lagi yang saling terkait untuk kembali mengklasifikasikan file-file tersebut menjadi satu kesatuan.

Dengan membuat folder di komputer, Anda bisa memanajemen file dengan baik dan rapi. Lantas bagaimana cara membuat folder baru di laptop Windows 10 dan memindahkan file-nya? Selengkapnya berikut ini langkah-langkahnya.

Baca juga: 3 Cara Memulihkan File yang Terhapus di Windows 10

Cara membuat folder baru di laptop Windows 10

cara membuat folder baru di laptopKompas.com/soffyaranti cara membuat folder baru di laptop

  • Buka aplikasi File Explorer di laptop Anda
  • Anda bisa mencarinya di bilah pencarian Windows dengan mengetikkan “File Explorer”
  • Pilih tempat menyimpan folder di laptop Anda, misalnya (Local Disk D)
  • Klik “Home” dan pilih “New Folder”
  • Beri nama folder misalnya saja (Dokumen Harga iPhone)
  • Selesai kini Anda telah membuat folder dalam penyimpanan Local Disk D

Selain melalui fitur Home, membuat folder juga dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan klik kanan mouse dan pilih “New” kemudian “Folder”. Selanjutnya beri nama folder sesuai kehendak.

Cara menyimpan file ke folder baru

Untuk menyimpan file ke folder baru tujuan Anda cukup mudah. Misalnya saja Anda ingin menyimpan file Microsoft Word di folder bernama “Dokumen Harga iPhone” yang berada di penyimpanan Local Disk D. Berikut ini caranya.

  • Saat berada di Microsoft Word, klik “File”
  • Pilih “Save as”
  • Selanjutnya pilih Local Disk D dan klik dua kali folder yang telah dibuat sebelumnya
  • Kemudian pilih “Save as”
  • File Anda kemudian akan tersimpan di folder tujuan 

Cara memindahkan file ke folder yang berbeda

Apabila Anda ingin memindahkan file ke folder lain yang berbeda, dapat dilakukan dengan menyalin (copy), memotong (cut), atau melakukan drag and drop. Berikut ini caranya.

  • Klik file atau folder yang akan dipindah
  • Klik kanan kemudian pilih “copy” atau “cut”
  • Masuk ke folder tujuan
  • Kemudian tempelkan atau paste file yang dipindahkan

Apabila jarak file yang dipindahkan dekat dengan folder tujuan maka Anda bisa melakukan drag dan drop. Cukup menekan file beberapa detik kemudian geser untuk memasukkan ke folder tujuan. Nantinya file akan otomatis berpindah di folder tersebut.

Baca juga: Pengertian File dan Folder dalam Komputer

Pentingnya membuat folder di komputer

Dilansir dari Computer Hope, folder penting dibuat oleh pengguna. Tujuannya adalah untuk membantu Anda mengatur dan memisahkan beragam file. Apabila tidak memiliki folder di komputer, dokumen, gambar, aplikasi, video, hingga file sistem komputer akan menjadi bercampur menjadi satu.

Hal ini tentu menyulitkan Anda dalam mengorganisir jenis-jenis file yang penting. Selain itu file yang tercampur akan sulit ditemukan, tak sengaja terlupakan, hingga hilang. Fungsi folder juga memudahkan Anda memberi nama khusus pada kategori file-file yang disimpan. Itulah cara membuat folder baru di laptop Windows 10. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com