Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Belum Rilis, Bocoran Tampang iPhone 16 Pro Sudah Beredar

Kompas.com - 10/05/2023, 13:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Suksesor iPhone 14 Series, yang diduga akan bernama iPhone 15 Series, kabarnya bakal diperkenalkan Apple pada tahun 2023 ini. 

Meski peluncurannya belum bisa dipastikan, rumor terkait generasi penerus iPhone 15 Series, yang mungkin akan bernama iPhone 16 Series, sudah beredar di dunia maya. 

Paling baru adalah desain atau tampang salah satu varian teratas dari iPhone 16 Series, yaitu iPhone 16 Pro.

Desain ponsel tersebut dibagikan oleh seorang pembocor ulung yang gemar membuat gambar render 3D dari sebuah ponsel baru dan membagikan via akun Twitternya dengan handle @ld_vova.

Dalam postingan terbarunya, pengguna yang bernama Volodymyr tersebut menguak desain kamera belakang iPhone 16 Pro yang jauh berbeda dari iPhone 14 Series. 

Baca juga: Bocoran Kamera iPhone 15 Pro Max, Punya Sensor Besar dan Lensa Periskop

Apabila iPhone 14 hadir dengan modul kamera belakang persegi yang memiliki susunan kamera zig-zag, iPhone 16 Pro justru memiliki susunan kamera belakang vertikal yang terbagi menjadi dua modul berbentuk pil. 

Bila diamati seksama, modul kamera berbentuk pil ini mirip seperti susunan kamera yang ada di iPhone X Series, hanya saja jumlahnya ada dua, bukan satu. 

Nah, masing-masing modul berbentuk kapsul tersebut tampak dibekali dengan dua kamera yang spesifikasi dan kemampuannya masih misterius. 

Ilustrasi render 3D iPhone 16 Pro.Twitter/@ld_vova Ilustrasi render 3D iPhone 16 Pro.

Yang jelas, bisa dilihat bahwa salah satu kamera, tepatnya yang berada di atas susunan teratas di modul kapsul kedua, memiliki lensa dengan bentuk kotak, bukan lingkaran seperti kamera pada umumnya. 

Biasanya, lensa dengan bentuk seperti ini merupakan lensa untuk kamera "periskop", alias kamera telefoto ekstrem yang bisa memotret foto dari jarak super jauh. Hal itu mengindikasikan bahwa iPhone 16 Pro mungkin bisa saja akan dibekali dengan kamera ekstra yang memiliki fungsi periskop.

 Baca juga: Benarkah iPhone 16 Pro Max dengan 5 Kamera Sudah Meluncur? Begini Faktanya

Masih soal susunan kamera, fitur fotografi di iPhone 16 Pro juga dilengkapi dengan sensor LiDAR yang terletak di bawah susunan modul kamera kapsul pertama, dan modul LED flash yang berada di atas modul kamera kapsul kedua. 

Desain masih sama dengan iPhone 14 Pro?

Terlepas dari susunan kamera yang berbeda, bocoran iPhone 16 Pro lain yang beredar adalah dari segi desain, yang tampaknya masih akan serupa dengan iPhone 14 Series, terutama iPhone 14 Pro. 

Artinya, ponsel tersebut kemungkinan akan masih dibekali dengan tombol Action yang multifungsi (seperti untuk memanggil asisten digital Siri), serta "poni" lebar Dynamic Island, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Rabu (10/5/2023). 

Ilustrasi render 3D iPhone 16 Pro.Twitter/@ld_vova Ilustrasi render 3D iPhone 16 Pro.

Kendati tampilannya serupa, menurut pembocor ulung dari Display Supply Chain Consultants bernama Ross Young, iPhone 16 Pro kemungkinan bakal memiliki layar yang lebih luas dari iPhone 14 Pro, yaitu 6,3 inci, meningkat dair 6,1 inci. 

Ross juga menyebut bahwa layar iPhone 16 Pro Max akan berukuran 6,9 inci, lebih besar dari iPhone 16 Pro Max dengan ukuran 6,7 inci. 

Adapun peningkatan ukuran layar ini kabarnya hanya akan terjadi pada iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Sebab, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dirumorkan akan memiliki layar dengan besar yang sama seperti iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Baca juga: iPhone 16 Pro Punya Sensor Face ID di Bawah Layar?

Belum bisa dipastikan apakah rumor mengenai iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max ini akurat atau tidak.

Terlebih, pendahulu perangkat tersebut, yaitu iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max juga belum dipastikan Apple saat ini. Kita nantikan saja kepastiannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com