Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Uji Coba Fitur Edit Pesan dengan Batas Waktu 15 Menit

Kompas.com - 10/05/2023, 14:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp sebentar lagi tampaknya tak perlu khawatir soal typo (salah ketik) atau salah kesalahan lain dalam penulisan ketika sedang chatting. Pasalnya, WhatsApp tengah menguji coba fitur baru "edit messages" alias edit pesan.

Fitur edit pesan memungkinkan pengguna mengedit chat WhatsApp maksimal 15 menit setelah dikirim.

WhatsApp uji coba fitur fitur edit chat WhatsApp di WhatsApp web beta versi 2.2319.9.WABetaInfo WhatsApp uji coba fitur fitur edit chat WhatsApp di WhatsApp web beta versi 2.2319.9.
Menurut laporan WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp, fitur edit messages WhatsApp ini tengah diuji ke pengguna WhatsApp Web beta versi 2.2319.9.

Pengguna yang beruntung kebagian fitur bisa menemukan opsi fitur ini dengan mengeklik kanan pada gelembung chat (chat bubble) yang ingin diedit.

Nantinya, pengguna akan menemukan beragam opsi seperti info, reply, forward, copy, react, delete, serta edit message. Pilih opsi "edit message" untuk mengedit pesan.

Baca juga: Cara Membersihkan Penyimpanan WhatsApp agar Memori HP Tak Penuh

Pesan yang sudah terkirim tadi bakal kembali muncul di bilah "type a message" secara otomatis.

Nah, pengguna tinggal memperbaiki typo atau kesalahan lainnya, menambahkan kata, atau emoji baru.Lalu kirim tombol "send".

Dengan begitu, pesan yang sudah diedit akan kembali terkirim.

Menurut laporan WABetaInfo sebelumnya, pesan yang sudah diedit bakal memiliki label "edited/diedit" dekat keterangan waktu. Kemungkinan fitur ini tidak akan menyertakan riwayat edit untuk melihat versi sebelumnya dari pesan yang sudah diedit.

Namun, WABetaInfo menggarisbawahi, hal tersebut masih dapat berubah mengingat fitur ini masih dalam tahap uji coba, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman WABetaInfo, Rabu (10/5/2023).

Ketinggalan dibanding Telegram

Ilustrasi aplikasi pesan instan WhatsApp dan Telegram.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi aplikasi pesan instan WhatsApp dan Telegram.
Menurut WABetaInfo, WhatsApp sendiri sebetulnya sudah berencana menghadirkan fitur edit chat sejak 2017, alias lima tahun lalu. Sayangnya, pengembangannya mandek tanpa diketahui sebabnya. Hingga tahun 2023 ini, fitur edit chat WhatsApp akhirnya diuji coba.

Baca juga: Cara Melacak Lokasi Pasangan via WhatsApp dengan Mudah

WhatsApp terbilang ketinggalan menghadirkan tombol edit, dibandingkan dengan pesaingnya, Telegram. Telegram diketahui telah menyediakan tombol edit pesan sejak 2016 silam.

Dengan adanya fitur edit, pengguna Telegram bisa memperbaiki typo pada pesan yang ada di ruang obrolan grup atau perorangan, meski pesan itu sudah dibaca oleh penerima pesan (anggota/admin grup).

Ketika sudah diperbaiki, pesan Telegram hasil editan akan dilabel dengan tulisan "edited" (telah diperbaiki). Pengguna Tekegram hanya bisa menyunting pesan maksimal dalam dua hari atau 48 jam setelah pesan tersebut terkirim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com