Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Nonton Google I/O 2023 secara Online Malam Ini, Pixel Fold dan Android 14 Diumumkan?

Kompas.com - 10/05/2023, 16:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Acara kumpul-kumpul developer tahunan Google I/O 2023 dipastikan bakal digelar hari ini, Rabu (10/5/2023) siang di Amerika Serikat atau Kamis dini hari waktu Indonesia. Acara tersebut diselenggarakan secara luring (offline) dan daring (online).

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh CEO Google Sundar Pichai melalui kicauannya di Twitter dengan handles @sundarpichai. Twit tersebut juga menyertakan video promosi singkat dari acara Google I/O.

“Tidak sabar dengan #GoogleIO tahun ini yang bakal diselenggarakan pada 10 Mei, langsung dari Shoreline Amphitheatre di Mountain View dan (disiarkan) secara online di io.google/2023,” tulis Pichai.

Tautan yang dicantumkan Pichai mengarahkan pengguna ke halaman resmi gelaran Google I/O 2023. Laman tersebut juga menyertakan hitungan mundur dari acara Google I/O 2023.

Baca juga: Google I/O 2023 Digelar Sebentar Lagi, Apa Saja yang Akan Dirilis?

Pantauan KompasTekno, Kamis (10/5/2023) pagi, waktu yang tersisa adalah 14 jam 4 menit. Hal tersebut mengindikasikan bahwa Google I/O 2023 bakal digelar sekitar pukul 12.00-13.00 waktu Amerika Serikat (AS) atau Kamis dini hari pukul 00.00 WIB.

Jadwal acara Google I/O 2023 yang bakal diselenggarakan hari ini, Rabu (10/5/2023)Google I/O Jadwal acara Google I/O 2023 yang bakal diselenggarakan hari ini, Rabu (10/5/2023)

Di halaman yang sama, Google memastikan bahwa gelaran acara tahunannya ini dapat diakses secara gratis dan terbuka untuk semua orang yang berusia minimal 18 tahun. Ini merupakan tahun ketiga acara Google I/O disiarkan secara daring dan bisa diakses gratis.

Berikut adalah cara mendaftar dan menonton acara Google I/O 2023 secara online.

Cara mendaftar Google I/O 2023

Untuk melakukan pendaftaran, Anda dapat mengakses tautan io.google/2023. Di laman tersebut, akan muncul tombol “Register” atau “Daftar”.

Ketika tombol tersebut diklik, Anda akan diminta untuk login ke salah satu akun Google. Anda juga diminta memberi beberapa data, seperti nama, alamat e-mail, asal negara, jenis kelamin, dan preferensi bahasa yang digunakan.

Perlu digarisbawahi bahwa pengunjung online yang diperbolehkan mendaftar adalah berusia minimal 18 tahun. Setelah mengisi data diri, Anda perlu mengisi formulir lain yang meminta Anda menulis nama yang bakal ditampilkan (display name), nama perusahaan/organisasi/universitas, dan pekerjaan.

Setelah itu, Anda bakal mendapat notifikasi e-mail dan langkah-langkah mengakses acara Google I/O 2023. Lewat pendaftaran ini pengguna bakal mendapat akses langsung ke acara Google I/O 2023 hingga daftar poin pembahasan yang bakal dipresentasikan para eksekutif Google.

Baca juga: Google Pamer Video Ponsel Lipat Pixel Fold, Meluncur Bulan Ini?

Cara nonton Google I/O 2023 via online

Nonton Google I/O 2023 via online di YouTube GoogleYouTube/Google Nonton Google I/O 2023 via online di YouTube Google

Setelah melakukan pendaftaran, pengguna bisa langsung mengikuti tahapan mengakses acara Google I/O 2023 via online dari e-mail yang dikirimkan Google.

Namun, jika Anda tidak berminat untuk mendaftar dan ingin langsung menonton acara Google I/O 2023, Anda dapat mengakses kanal YouTube Google melalui tautan berikut ini.

Kemudian, klik tab “Live” (Siaran Langsung). Dari beberapa video yang muncul, pilih “Google Keynote (Google I/O ’23). Dikarenakan acara belum dimulai, Anda bisa klik “Notify Me” (Beritahu Saya).

Nantinya, Anda akan mendapat notifikasi pengingat apabila siaran langsung Google I/O 2023 segera dimulai. Dari pantauan KompasTekno, sudah ada 270 orang yang menunggu siaran langsung Google I/O 2023 di YouTube.

Bocoran produk yang akan dirilis

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Pocket Lint, Rabu (10/5/2023), Google I/O 2023 bakal dijadikan ajang untuk Google memperkenalkan sejumlah produk dan perangkat terbarunya, seperti software, hardware, hingga layanan Google lainnya.

Salah satu produk baru yang paling menarik perhatian adalah ponsel lipat pertama Google, Google Pixel Fold. Google juga diyakini bakal memperkenalkan Android 14, sebagaimana tradisi Google I/O di tahun-tahun sebelumnya.

Perangkat lainnya yang disinyalir bakal diperkenalkan di Google I/O 2023 adalah Google Pixel 7a, Pixel Watch 2, tablet Google Pixel, chatbot AI Bard, Google AirTag, hingga pembaruan asisten virtual Google Assistant.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com