Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Karakter AI Berbicara via D-ID, Bisa Menjadi Seperti Pembawa Berita

Kompas.com - 10/05/2023, 19:12 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di media sosial seperti Twitter, akhir-akhir ini ramai perbincangan mengenai salah satu pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI) yang dapat membuat sebuah gambar dari karakter tertentu berbicara layaknya manusia.

Keramaian perbincangan itu ditengarai muncul setelah beberapa media berita memakai karakter AI untuk menjadi pembawa berita atau presenter. Presenter AI itu dapat berbicara mirip presenter asli.

Baca juga: Mengenal Character AI, Chatbot yang Lagi Viral di TikTok buat Diajak Pacaran

Salah satu contoh presenter AI tersebut bisa dilihat dari video buatan Kompas.com. Pada video yang tertera di bawah ini, terdapat seorang presenter AI yang dapat berbicara dan membawakan berita seperti manusia sungguhan.

Beberapa teknologi AI sendiri saat ini sudah bisa diakses dengan mudah oleh pengguna secara umum. Presenter AI seperti yang terdapat pada video di atas pun dapat dibuat sendiri oleh pengguna. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Pengguna dapat membuat presenter AI sendiri melalui platform D-ID. Sebagai informasi, D-ID merupakan platform dengan fitur pembuatan video karakter AI berbicara. Untuk membuat video karakter AI berbicara, D-ID dibekali berbagai program.

Program itu antara lain, seperti program pembelajaran mendalam (deep learning) animasi wajah, program pengolah teks menjadi audio, program pengolah data teks GPT-3, dan program pengolah teks menjadi gambar Stable Diffusion.

Lewat program-program yang terintegrasi di D-ID itu, pengguna dapat membuat gambar dari karakter tertentu berbicara dan mengeluarkan suara sesuai teks yang dituliskan. Bila tertarik membuat karakter AI berbicara di D-ID seperti presenter, berikut adalah caranya.

Cara membuat karakter AI berbicara di D-ID seperti presenter

  • Buka website ini https://studio.d-id.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google.
  • Setelah berhasil login, silakan klik menu “Create Video” dan bakal muncul halaman pembuatan karakter AI berbicara.
    Ilustrasi cara membuat karakter AI berbicara.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat karakter AI berbicara.
  • D-ID menyediakan beberapa karakter yang bisa dipilih secara langsung. Bila kurang suka dengan koleksi karakter itu, pengguna dapat mengunggah gambar sendiri atau membuat gambar dari teks di menu “Generate AI Presenter”.
  • Gambar yang diunggah atau yang dibuat pengguna harus memenuhi beberapa kriteria, salah satunya seperti gambar harus memuat bagian wajah.
  • Setelah memilih karakter, pengguna dapat memasukkan teks dan memilih jenis suaranya. Terdapat beberapa jenis suara yang bisa dipilih berdasarkan bahasa, kelamin, dan gaya.
    Ilustrasi cara membuat karakter AI berbicara.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat karakter AI berbicara.
  • Selanjutnya, bila semua komposisi sudah dirasa pas, silakan klik opsi “Generate Video”.
  • Tunggu beberapa saat hingga video karakter AI berbicara selesai diolah.
  • Pengguna bisa memutar dan mengunduh video karakter AI berbicara buatannya di menu “Video Library”
    Ilustrasi cara membuat presenter AI.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat presenter AI.

Demikianlah penjelasan seputar cara membuat karakter AI berbicara di D-ID seperti presenter virtual yang lagi ramai dibicarakan. Sebagai informasi tambahan, D-ID tak cuma memiliki layanan pembuatan presenter AI.

Tampilan chatbot D-ID yang terdapat karakter virtual dan dapat berbicara.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan chatbot D-ID yang terdapat karakter virtual dan dapat berbicara.

D-ID juga memiliki layanan chatbot yang didukung oleh ChatGPT. Seperti gambar di atas, chatbot di D-ID bukan hanya berwujud teks, melainkan juga terdapat karakter virtual yang dapat berbicara untuk menanggapi pertanyaan atau perintah pengguna.

Chatbot D-ID dengan karakter virtual berbicara itu dapat diakses melalui website ini https://chat.d-id.com/. Baik layanan pembuatan karakter AI berbicara maupun chatbot D-ID, keduanya bisa dijajal secara gratis.

Baca juga: 5 Aplikasi AI Voice Generator yang Lagi Ramai buat Ganti Lagu dengan Suara Orang Lain

Akan tetapi, akses layanan D-ID untuk akun gratis dibatasi. D-ID menawarkan langganan untuk bisa mendapatkan akses layanan secara leluasa dengan harga mulai 5.99 dollar AS (sekitar Rp 88.000).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com