Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Find N2 Flip Resmi, Ponsel Lipat Pertama Oppo di Indonesia

Kompas.com - 10/05/2023, 19:29 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar ponsel lipat (foldable phone) Indonesia akhirnya kedatangan pemain baru. Sebab, Oppo resmi meluncurkan perangkat terbarunya yang bernama Oppo Find N2 Flip pada sebuah di Cinema XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2023) malam.

Sebelumnya, Oppo sudah meluncurkan ponsel lipat Oppo Find N dan Find N2, begitu juga Find N2 Flip lebih dulu di pasar China.

Chief Marketing Officer Oppo Indonesia, Patrick Owen menjelaskan mengapa Find N2 Flip dipilih sebagai ponsel layar lipat pertama yang dibawa ke Indonesia.

Baca juga: Hands-on Oppo Find N2 Flip, Ponsel Lipat Mungil yang Punya Cover Screen Besar

"Kehadiran Oppo Find N2 Flip mengawali era baru bagi Oppo di Indonesia, dan kami sangat antusias bisa menetapkan standar baru untuk ponsel lipat di Indonesia," jelas Patrick kepada awak media.

"Bagi kami ponsel lipat haruslah unggul di empat hal, yaitu desain intuitif dan mudah digunakan, layar yang minim lekukan, daya tahan kuat dan baterai besar, dan semua ini terjawab oleh Find N2 Flip," tambah Patrick.

Secara bentukan atau form factor, smartphone ini mengusung model lipatan layar ala kulit kerang alias clamshell. Dengan begitu, Oppo Find N2 Flip bisa dibilang merupakan satu-satunya kompetitor langsung Galaxy Z Flip 4 dari Samsung. 

Dibandingkan kompetitornya, Oppo Find N2 Flip dibekali dengan sejumlah kelebihan. Salah satu yang mencolok adalah layar sekunder yang terletak di bagian punggung perangkat, atau bisa disebut Cover Screen, dengan ukuran yang lebih besar. 

Cover Screen ponsel lipat terbaru Oppo ini mengusung panel AMOLED dengan ukuran 3,26 inci, lebih besar dari Cover Screen ponsel lipat Samsung yang memiliki ukuran 1,9 inci. 

Selain lebih luas, Cover Screen ponsel lipat Oppo juga mengadopsi orientasi portrait, alih-alih landscape. Sehingga, layar mungil Oppo Find N2 Flip bisa menampilkan lebih banyak konten dari Galaxy Z Flip 4 ketika dalam kondisi atau mode dilipat. 

Ilustrasi membalas pesan WA langsung di Cover Screen Oppo Find N2 Flip.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi membalas pesan WA langsung di Cover Screen Oppo Find N2 Flip.

Oppo juga menyebut Cover Screen di ponsel lipat terbarunya itu bisa digunakan untuk berbagai hal seperti melakukan swafoto menggunakan kamera belakang, membalas pesan WhatsApp, memainkan lagu dari Spotify, dan masih banyak lagi. 

Masih soal layar, Oppo Find N2 Flip mengusung layar utama (Main Screen) Ultra Thin Glass yang memiliki jenis panel LTPO AMOLED dengan ukuran 6,8 inci, resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan mencapai 1.600 nits. 

Baca juga: Review Oppo Find N2 Flip, Ponsel Lipat yang Bikin Hati Tenang

Oppo mengeklaim layar utama ponsel terbarunya ini memiliki bekas lipatan yang lebih samar dibandingkan ponsel lipat kompetitor. Menurut Oppo, hal ini dimungkinkan berkat konstruksi engsel (hinge) baru yang mengadopsi bentuk mirip tetesan air (waterdrop)

Di samping bisa menyamarkan bekas lipatan atau crease, engsel seperti ini juga diklaim dapat memperkuat struktur lipatan Oppo Find N2 Flip secara keseluruhan, serta meminimalisir celah yang ada di layar utama dekat engsel ketika sedang dilipat.

Pada aspek ketahanan, Oppo mengeklaim desain hinge terbarunya juga memungkinkan ponsel lipat terbarunya ini bisa dibuka tutup atau dilipat sebanyak 400.000 kali, atau 10 tahun jika pengguna melakukan aksi buka tutup sebanyak 100 kali dalam sehari. 

Spesifikasi Oppo Find N2 Flip

Tampilan layar utama Oppo Find N2 Flip yang masih bisa dilihat dengan jelas di bawah sinar matahari terik.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan layar utama Oppo Find N2 Flip yang masih bisa dilihat dengan jelas di bawah sinar matahari terik.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com