Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bard Pesaing ChatGPT Sudah Bisa Dipakai Semua Orang

Kompas.com - 11/05/2023, 14:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google akhirnya menghapus daftar tunggu layanan chatbot Bard AI. Hal ini disampaikan perusahaan dalam gelaran konferensi pengembang tahunan Google I/O yang digelar 10 Mei 2023 di Amerika Serikat.

Dengan dihapusnya daftar tersebut, semua pengguna bisa mencoba chatbot pesaing ChatGPT tersebut, dari semula hanya sejumlah pengguna terpilih saja.

Menurut Google, Bard AI dalam bahasa Inggris kini bisa dipakai di 180 negara dan wilayah. Jumlahnya jauh lebih banyak ketimbang saat perilisan awal di AS dan Inggris saja.

Selain membuka gerbang Bard AI ke lebih banyak pengguna, Google juga meningkatkan fitur chatbot itu. Di antaranya menambahkan dukungan bahasa baru yakni bahasa Jepang dan Korea, memakai model bahasa PaLM 2 baru sehingga mampu meningkatkan jawaban dan fungsinya.

Baca juga: Mengenal Character AI, Chatbot yang Lagi Viral di TikTok buat Diajak Pacaran

Ada pula fitur mode gelap hingga fitur yang memudahkan pengguna untuk mengekspor teks ke Google Docs maupun Gmail.

Google Bard AI kini juga didukung fitur pencarian visual. Jadi chatbot ini bisa menganalisis gambar, menawarkan gambar dari hasil pencarian, hingga menghasilkan visual berbasis AI berkat dukungan software Adobe Firefly.

Contohnya ketika pengguna bertanya tentang "Tempat mana saja yang cocok dikunjungi di New Oceans?", maka Bard AI akan menampilkan daftar lokasi yang relevan dalam format gambar.

Baca juga: Babak Baru Perang Kecerdasan Buatan: Bard Menjawab Tantangan ChatGPT

Masih berkaitan dengan visual, Bard AI juga akan didukung oleh Google Lens yang mampu mengidentifikasi objek dalam gambar. Jadi pengguna bisa bertanya kepada Bard AI sembari mengarahkan Google Lens ke objek tertentu.

Contohnya ketika pengguna mengarahkan kamera ke foto kucing, pengguna bisa meminta Bard AI "tulis caption lucu tentang dia (kucing)". Dengan begitu, Bard AI akan memberikan caption yang relevan dengan objek yang diidentifikasi oleh Google Lens.

Baca juga: Ramai Chatbot dengan Berbagai Pilihan Karakter, Ini Cara Menggunakan Character AI

Google menyatakan akan segera mengintegrasikan Firefly ke dalam Bard AI dan menjanjikan integrasi itu secara langsung ke aplikasi.

Praktik lainnya yang bisa dilakukan Bard AI setelah terintegrasi dengan Firefly yaitu membuat gambar.

Jadi pengguna bisa meminta Bard AI untuk membuatkan gambar tertentu, misalnya gambar kuda poni. Namun fitur ini dikatakan Google baru tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

Integrasi Firely dengan Bard AI bisa menghasilkan gambar berbasis AIGoogle Integrasi Firely dengan Bard AI bisa menghasilkan gambar berbasis AI

Ke depannya Google berkata akan terus mengembangkan Bard AI dan memperkaya fiturnya, termasuk fitur pembuatan gambar AI yang didukung Adobe, hingga integrasi layanan web pihak ketiga seperti Instacart dan OpenTable.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com