Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata POV yang Sering Digunakan di Berbagai Media Sosial

Kompas.com - Diperbarui 12/05/2023, 08:37 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di media sosial seperti Twitter, TikTok, dan Instagram, terdapat berbagai macam bahasa gaul yang sering dipakai pengguna. Adapun salah satu contoh bahasa gaul di media sosial itu adalah kata “POV”.

Sebagian dari Anda mungkin sudah sering lihat kata POV berseliweran dipakai pengguna di media sosial. Kata ini biasa digunakan di media sosial dengan dibarengi pernyataan atas sebuah kondisi atau situasi tertentu.

Baca juga: Arti Kata “Shibal” yang Ramai Digunakan di Twitter dan TikTok

Contoh penggunaan kata POV dengan konteks seperti itu bisa dilihat lewat twit dari akun base dengan handle @yeongyufess seperti yang tertera di bawah ini.

Kemudian, sama halnya di Twitter, kata POV di TikTok juga kerap dipakai dengan dibarengi pernyataan atas sebuah kondisi atau situasi tertentu. Contohnya bisa dilihat lewat video di bawah ini yang diunggah oleh akun dengan handle @bundahamste.

@bundahamster Seru banget ikut nongkrong xixixi ???? #hariharicia #abecia #wekidi ? suara asli - DENII

Selain dua contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi penggunaan kata POV yang dibarengi dengan pernyataan atas kondisi tertentu. Akan tetapi, meski sudah sering dipakai pengguna, tahukah apa itu POV? Bila ingin mengetahui, berikut adalah penjelasan arti POV.

Arti POV

POV bukan termasuk kosakata dalam bahasa Indonesia, melainkan bahasa Inggris. POV bukan pula kata tunggal. Perlu diketahui, POV adalah kata akronim atau singkatan dari istilah bahasa Inggris “point of view”.

Sebagai singkatan dari istilah “point of view”, dalam bahasa Indonesia, arti POV adalah sudut pandang. Kata tersebut dipakai untuk menyebut bagaimana seseorang memandang, melihat, mengalami, atau merasakan sebuah fenomena tertentu.

Dengan arti yang demikian, tak heran bila kata POV kerap dipakai berbarengan pernyataan atau penggambaran atas sebuah kondisi tertentu.

Baca juga: Arti Kata “Boyfriend Air”, Bahasa Gaul yang Ramai Dipakai di TikTok

Bila menjumpai pengguna menyertakan kata POV di media sosial maka maksudnya adalah ingin menunjukkan sudut pandang seseorang atas sebuah kondisi. Demikianlah penjelasan arti POV yang sering dipakai di berbagai media sosial, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com