Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Rilis Fitur Blokir Telepon Spam Otomatis

Kompas.com - 12/05/2023, 13:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk mengatasi masalah panggilan telepon spam (spam calls). Penambahan fitur ini berada di sisi back-end atau sistem WhatsApp sendiri, bukan di sisi perangkat pengguna, dan baru dirilis di India.

Sebab belakangan ini, banyak keluhan di media sosial dari pengguna WhatsApp di India, yang mengalami kasus panggilan (voice call) dari nomor tidak dikenal dan menggunakan nomor internasional, yang terindikasi sebagai spam call.

Masifnya kasus tersebut mendorong pemerintah India campur tangan. Dari laporan yang ditemukan, beberapa pengguna ada yang dilecehkan bahkan mengalami penipuan uang. Sebagian besar ada yang menawarkan lowongan pekerjaan palsu.

Pelaku kejahatan juga disebut meminta pengguna menghubungkan akun WhatsApp-nya dengan aplikasi perpesanan lain, seperti Telegram.

Baca juga: Cara Mencegah dan Blokir SMS Spam yang Mengganggu di HP Android

Pelaku penipuan seperti di atas banyak yang menggunakan nomor kode internasional yang berasal dari negara Ethiopia (+251), Indonesia (+62), Kenya (+254), Malaysia (+60), dan Vietnam (+84).

Kementerian bidang Elektronik dan Teknologi Informasi di India, Rajeev Chandrasekhar mengatakan bahwa pihaknya bakal mengirimkan laporan kepada Meta untuk membatasi panggilan spam yang dialami warga India.

Panggilan asing bernomor internasional tersebut harus segera dibatasi. Menurut Chandrasekhar, masalah spam yang muncul sudah seharusnya menjadi masalah yang sudah ditangani dan ditinjau oleh WhatsApp sendiri.

WhatsApp sendiri telah mengeklaim sudah mengurangi panggilan spam sebanyak 50 persen di ekosistemnya.

“Panggilan penipuan internasional adalah cara baru yang diadopsi oleh pelaku kejahatan. Kami berharap dapat mengendalikan insiden ini secara efektif. Kami akan terus bekerja guna memastikan pengguna kami aman,” kata juru bicara WhatsApp.

Baca juga: Cara Blokir Panggilan Spam yang Mengganggu di iPhone

Menurut WhatsApp, upaya yang bisa dilakukan pengguna sejauh ini adalah memanfaatkan fitur Block dan Report ketika menerima panggilan asing. WhatsApp bakal berupaya tersebut menyingkirkan pelaku kejahatan di dalam platform.

“Kami akan terus menyediakan alat keselamatan di WhatsApp seperti (fitur) Block dan Report, membangun pendidikan dan kesadaran pengguna secara konsisten, dan menyingkirkan pelaku kejahatan di platform kami,” ujar WhatsApp.

Belum diketahui apakah fitur blokir telepon spam otomatis di WhatsApp ini akan dirilis di luar India, termasuk di Indonesia juga atau tidak.

Dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (12/5/2023), India menjadi negara pengguna WhatsApp terbesar, yakni 500 juta pengguna. Kendati begitu, masalah yang dialami pengguna India baru-baru ini bukanlah yang pertama.

Pasalnya, di tahun lalu, sejumlah pengguna India menerima pesan spam dari WhatsApp. Walau sudah memblokir dan melaporkan nomor tersebut, mereka kerap menerima pesan spam lain dari nomor yang berbeda.

Selain WhatsApp, Google juga dilaporkan pernah mengalami kasus serupa. Beberapa akun bisnis menyalagunakan kebijakan anti-spam pada iklan RCS Google (Rich Communication Services) untuk mengirim pesan promosi kepada pengguna India.

Alhasil, karena banyak pengguna yang mengeluhkan hal tersebut, Google pun menghentikan layanan iklan RCS di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com