Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja Xylobands, Gelang Warna-warni yang Dipakai di Konser Coldplay

Kompas.com - 13/05/2023, 10:01 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Xylobands

KOMPAS.com - Grup band Coldplay dalam konsernya kerap menyertakan aksesori gelang yang bisa menyala warna-warni untuk penonton ketika konser sedang berjalan.

Aksesori tersebut bernama Xylobands, yang bisa membantu efek pencahayaan di dalam konser musik supaya meriah, megah, berwarna, dan bisa menimbulkan efek atau suasana yang sesuai dengan lagu yang sedang dimainkan. 

Ketika Coldplay memainkan lagu berjudul Fix You di konsernya, misalnya, penonton biasanya akan melambaikan tangannya ke atas.

Baca juga: Link dan Cara Beli Tiket Konser Coldplay di Jakarta via BCA

Lalu, gelang Xylobands yang dipakai di tangan akan menyala atau berkedip dengan warna yang telah ditentukan, sehingga menambahkan efek dramatis pada lagu yang sedang dimainkan. 

Lantas, apa itu Xylobands? Bagaimana cara kerjanya supaya bisa menyala mengikuti alur musik?

Apa itu Xylobands?

Ilustrasi gelang Xylobands di konser musik.Xylobands.com Ilustrasi gelang Xylobands di konser musik.

Xylobands adalah gelang yang dibuat oleh Jason Regler dan diproduksi oleh RB Concepts Ltd, sebuah perusahaan yang didirikan oleh konglomerat Clive Banks.

Gelang tersebut berisi dioda pemancar cahaya alias lampu-lampu kecil yang berwarna, serta penerima (receiver) frekuensi radio.

Meski dibekali dengan lampu-lampu kecil, fitur pemancar cahaya di gelang Xylobands tidak bisa dikontrol oleh penggunanya sendiri, melainkan hanya bisa dikendalikan oleh pihak yang mendistribusikan gelang tersebut, dalam hal ini panitia konser musik.

Nantinya, panitia konser musik akan bisa mengontrol status dan warna lampu Xylobands yang dipakai pengunjung melalui sebuah laptop yang sudah dipasangi dengan software atau aplikasi khusus pengontrol Xylobands. 

Baca juga: Hati-hati Saat Rekam Konser dengan HP, Kamera Bisa Rusak

Kontrol lampu Xylobands juga bisa dilakukan melalui sejumlah alat pengendali portabel (remote control) yang dipegang oleh beberapa panitia. 

Adapun efek lampu Xylobands bisa diatur sedemikian rupa, misalnya mengikuti lokasi atau di mana pengunjung duduk. Dengan begitu, lampu Xylobands masing-masing pengunjung bisa menyala dengan warna berbeda.

Cara kerja Xylobands

Ilustrasi gelang Xylobands di konser musik.Xylobands.com Ilustrasi gelang Xylobands di konser musik.

Nah, supaya efek lampu Xylobands bisa dikendalikan warnanya, laptop panitia tadi akan dipasangi dengan sebuah periferal komputer berupa kotak penerima sinyal (transmitter) khusus. 

Secara teknis, perintah atau pengaktifan lampu Xylobands dari laptop akan dikirimkan transmitter secara langsung ke Xylobands.

Halaman:
Sumber Xylobands
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com