Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 14 Paling Bikin Kecewa, Ini Buktinya

Kompas.com - 15/05/2023, 07:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone 14 merupakan lini seri terbaru dari generasi ponsel bikinan Apple. Di atas kertas, iPhone 14 series memiliki spesifikasi yang paling canggih di antara jajaran iPhone lainnya.

Namun, sebuah riset yang dihimpun situs PerfectRec menunjukkan bahwa iPhone 14 adalah produk yang paling mengecewakan dibanding iPhone lainnya sejak iPhone 5.

Riset itu merangkum tingkat kepuasan pelanggan terhadap iPhone aneka tipe, mulai dari iPhone 5 hingga iPhone 14.

Secara teknis, PerfectRec melakukan meta-analisis terhadap 669.000 lebih ulasan pengguna yang diposting di Google untuk menentukan tingkat kepuasan terhadap iPhone.

Baca juga: iPhone 15 Belum Rilis, Bocoran Tampang iPhone 16 Pro Sudah Beredar

Hasilnya, tingkat kepuasan pelanggan terhadap iPhone 14 terbilang rendah, bahkan, mencatat rekor terendah sejak 2012.

Riset yang sama dilakukan sejak 2012 dan hasilnya selalu menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi, setidaknya sampai tahun 2021.

"Kami menemukan bahwa dari tahun 2012-2021, dimulai dari iPhone 5, konsumen menilai setiap iPhone generasi baru lebih baik dibanding generasi sebelumnya," demikian pernyataan PerfectRec dikutip KompasTekno dari situs resmi PerfectRec, Senin (15/5/2023).

"Namun berbeda dengan iPhone 14 yang rilis September 2022. Untuk pertama kalinya dalam satu dekade, ulasan konsumen tentang iPhone terbaru turun tajam dari generasi sebelumnya," lanjut keterangan itu.

Kekecewaan tak hanya tergambar dari peringkat kepuasan terhadap iPhone 14 model reguler, tetapi juga model iPhone 14 lainnya termasuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Skor iPhone 14 versi reguler adalah 72 persen, lebih rendah dibanding iPhone X hingga iPhone 13. Adapun iPhone 14 Pro meraih skor 76 persen, lebih rendah dari pendahulunya yang meraih skor di atas 80 persen.

Skor persentase kepuasan iPhone X hingga iPhone 14PerfectRec Skor persentase kepuasan iPhone X hingga iPhone 14

Begitu pula dengan iPhone 14 Pro Max yang mendapat skor 80 persen, lebih rendah dibanding iPhone 13 Pro Max (86 persen) dan iPhone 12 Pro Max (82 persen).

Dari beberapa riset sebelumnya, model reguler kerap mendapat ulasan paling tinggi dibanding model lainnya. Pada periode 2011 hingga 2022, iPhone 5 meraih peringkat terendah dengan persentase 65 persen dan yang tertinggi adalah iPhone 13 dengan skor 80 persen.

Baca juga: Bukti Baru Fitur SOS di iPhone 14 Bukan Gimmick Semata

Kenapa pelanggan kecewa dengan iPhone 14 series?

Menurut PerfectRec, penurunan tingkat kepuasan itu kemungkinan disebabkan karena peningkatan fitur di iPhone 14 series yang tidak sesuai dengan harapan pengguna.

"Tidak ada fitur baru yang signifikan dan harus dimiliki. Konsumen juga tidak melihat peningkatan sebagai sesuatu yang spesial, jadi lebih sedikit dari mereka yang memberikan peringkat bintang lima," kata PerfectRec.

Selain itu, penurunan tingkat kepuasan ini juga kemungkinan akibat dari penggunaan chip dari iPhone 13 Pro untuk model reguler iPhone 14, sehingga mengecewakan pelanggan. Praktik ini baru pertama kali dilakukan oleh Apple.

Apple juga tidak meningkatkan angka refresh rate pada model iPhone 14 reguler atau mengganti poni ponsel dengan desain yang lebih baru. Hanya iPhone 14 Pro series yang mendapat peningkatan aspen desain dengan dukungan fitur “dynamic island”.

Adapun data yang dilibatkan PerfectRec dalam riset ini adalah data hingga April 2023. Situs itu juga menyatakan bahwa jumlahnya bisa berubah sewaktu-waktu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com